Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang Politik Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kamis, 8 Maret 2018. (Foto: Istimewa)

Megawati Soekarnoputri, Kolektor 7 Gelar Honoris Causa

08 Mar 2018 19:35

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gelar honoris causa (HC) atau Gelar Kehormatan adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi atau universitas kepada seseorang yang dianggap memenuhi syarat. Gelar itu diberikan kepada seseorang, tanpa harus mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai dengan gelar kesarjanaannya. Gelar honoris causa bisa diberikan kepada seseorang karena telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Banyak tokoh yang pernah mendapatkan gelar honoris causa. Salah satunya adalah Presiden RI ke-5, Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri atau yang akrab dipanggil Megawati. Dia bahkan hingga kini tercatat telah memperoleh tujuh gelar kehormatan.

Berikut daftar honoris causa yang pernah diterima Megawati:

1. Universitas Waseda, Tokyo, Jepang
Gelar doktor honoris causa yang pertama kali diterima Megawati adalah pada 2001. Saat itu, ia mendapatkan gelar kehormatan dalam bidang hukum dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang.

2. Moscow State Institute of International Relation, Moskow, Rusia
Penghargaan doktor honoris causa yang kedua didapat dari Moscow State Institute of International Relation, Moskow, Rusia, pada 2003. Gelar itu disematkan pada Megawati atas jasanya mengembangkan sikap saling pengertian antarbangsa dan interaksi antarperadaban. Saat itu, Megawati diberi gelar doktor untuk bidang politik.

3. Maritime and Ocean University 
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendapatkan penghargaan akademik doktor honoris causa dari salah satu universitas kenamaan di Korea Selatan, Korea Maritime and Ocean University. Gelar yang diberikan pada Senin, 19 Oktober 2015 di Kota Busan, Korsel, ini adalah gelar doktor kehormatan yang diberikan kepada Megawati atas dedikasi dan pengabdiannya di bidang politik.

Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang Politik Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kamis, 8 Maret 2018. (Foto: Istimewa)

4. Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran adalah kampus Indonesia pertama yang memberikan gelar doktor honoris causa pada Megawati.
Gelar ini diberikan kepada anak kedua Presiden Soekarno itu sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian Megawati yang dinilai mampu membawa stabilitas poliik pada masa transisi demokrasi. Gelar ini diberikan pada 25 Mei 2016 lalu. Gelar ini merupakan kali keempat Megawati mendapat gelar honoris causa.

5. Universitas Negeri Padang (UNP)
UNP menjadi perguruan tinggi kelima yang memberikan gelar doktor honoris causa untuk Megawati.
Penghargaan tersebut diberikan di auditorium UNP, Jalan Prof Dr Hamka, kota Padang, Sumatera Barat, Rabu, 27 September 2017. Megawati mendapatkan penghargaan itu, karena dianggap telah membuat perkembangan baik di dunia pendidikan dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sidiknas) yang dikeluarkan saat dirinya menjabat sebagai President RI.

6. Mokpo National University, Korea Selatan.
Universitas yang berada di Korea Selatan ini menjadi universitas yang memberikan gelar doktor honoris causa yang keenam kepada Megawati. Mega menerima doktor kehormatan bidang demokrasi ekonomi dari Universitas Nasional Mokpo (MNU) Korea Selatan. Penganugerahan itu diberikan pada Kamis, 16 November 2017.

7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Universitas yang berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat ini menganugerahi gelar doktor honoris causa kepada Megawati, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2018. IPDN memberikan gelar ini dengan alasan berjasa terhadap berbagai kebijakan strategis politik pemerintahan, seperti penguatan otonomi khusus Papua dan Aceh. Dia juga dianggap berjasa dalam melakukan penyatuan lembaga pendidikan kader pamong praja pada tahun 2003 dan 2004. (frd)