Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Dok/Antara)

Megawati Belum Tunjuk Nama Menteri untuk Jokowi

Politik 18 July 2019 14:35 WIB

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hingga saat ini belum mengusulkan satupun nama calon menteri mereka kepada Presiden Terpilih Joko Widodo. Mega ingin Jokowi fokus menyelesaikan tugas di sisa akhir masa jabatannya ketimbang ribut ngurusi nama calon menteri.

"Hingga saat ini belum ada nama calon menteri dari PDIP kepada Presiden Jokowi. Ibu Mega masih memberikan kesempatan pada Pak Jokowi menyelesaikan hal-hal fundamental demi kepentingan bangsa yang lebih besar lagi," kata Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah pada wartawan di gedung DPR, Senayan, Kamis, 18 Juli 2019.

Basarah mengatakan, hingga saat ini belum ada pembicaraan mengenai pengisian kabinet yang dilakukan antara Jokowi-Ma'ruf dengan para ketua-ketua umum partai politik pengusung.

Pembicaraan tentang posisi kabinet, kemungkinan baru akan dilakukan usai Jokowi-Ma'ruf selesai melakukan konsolidasi kebangsaan secara menyeluruh yang saat ini gencar dilakukan.

Sementara itu, terkait maraknya nama-nama usulan menteri yang belakangan beredar di media sosial, Basarah memastikan bahwa nama-nama tersebut adalah hoax.

Begitupun nama kader PDI Perjuangan yang masuk di usulan yang beredar di medsos dipastikan juga hoax karena hingga saat ini memang belum ada pembicaraan tentang posisi kabinet.

"Di PDI Perjuangan berlaku hak prerogatif Ketua Umum, jadi siapa kader yang diusulkan kepada presiden, itu akan muncul dan kewenangan Ibu Megawati. Kemudian siapa yang jadi menteri itu hak prerogatif Presiden," kata Hasto.

Sekadar diketahui, beragam spekulasi nama calon menteri memang beredar luas di media sosial. Nama-nama itu muncul dalam beragam versi.

Sejumlah pihak juga langsung menanggapi dan memastikan bahwa nama-nama tersebut adalah hoax.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir mengatakan beredarnya nama calon menteri tak bisa dilepaskan dari ambisi seseorang yang ingin namanya masuk bursa calon.

"Ini tersebar karena ada yang ingin jadi menteri. Saya rasa supaya muncul benefit lah," kata Erick. Apalagi sejumlah nama yang muncul ada pula sosok yang selama ini dipersepsikan negatif oleh masyarakat.

 

Karenanya Erick mengimbau masyarakat tidak menghiraukan beredarnya sejumlah nama calon menteri yang saat ini marak di media sosial.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 10:40 WIB

Gugatan Rachmawati Menang di MA, Pakar: Tak Mempengaruhi Presiden

Nasional

Gugatan tersebut tak berpengaruh pada hasi Pilpres 2019.

07 Jul 2020 21:16 WIB

Jatim Gagal Turunkan Kurva Covid-19, Alasannya Pemda Tak Serius

Surabaya

Masyarakat masih banyak langgar protoko kesehatan

02 Jul 2020 11:23 WIB

Seskab: Isu Reshuffle Sliweran, Menteri Bekerja Seperti Biasa

Nasional

Para menteri tidak terganggu dengan isu tersebut

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...