Pemberitaan media di Perancis. (Foto:Istimewa)

Media Perancis Apresiasi Ajaran Islam soal Wudhu, Tangkal Corona

Khazanah 15 March 2020 09:37 WIB

Di tengah merebaknya virus Corona, cukup menyita perhatian dunia. Sejumlah pun panik.

Sikap media pun bikin panik seluruh dunia. Meski begitu para ulama dan kiai pesantren tetap tenang. Dibuktikan dengan terselenggaranya Puncak Peringatan Hari Lahir ke-97 NU di PWNU Jatim di Surabaya, Sabtu malam 14 Maret 2020.

Sikap para tokoh NU ini ternyata mendapat pembenaran secara tak langsung dari media di Prancis. Bayangkan, mereka justru berapresiasi terhadap ajaran Islam.

Memang, terkait wabah Vitus Corona arau Corad-19, media-media di Prancis memuji syariat Islam karena dinilai bermanfaat untuk menghindari dan mengantipasi penyakit menular seperti Corona.

Pujian dari media-media Prancis ini pun mendapat apresiasi dari kalangan dai dan umat Islam.

Presiden Nusantara Foundation yang juga Pendiri Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA, Ustadz Shamsi Ali mengabarkan bahwa media-media Prancis memuji syariat Islam di tengah mewabahnya virus Corona saat ini.

"Koran-koran di Perancis mengatakan bahwa yang paling selamat dari Corona adalah wanita-wanita Muslim yang berhijab karena mereka tertutup wajah, badan. Tidak bersalaman dengan org asing, tidak berciuman, dan tidak saling berpelukan," kata Ustaz Shamsi Ali melalui akun IG-nya @imamshamsiali, Minggu 15 Maret 2020.

Adapun syariat Islam yang dimaksud seperti manfaat berwudhu. Selain itu larangan bagi wanita-wanita muslimah untuk tidak berjabat tangan (bersalaman) dengan lawan jenis, apalagi cipika-cipiki. Banyak yang mengapresiasi indahnya ajaran Islam bagi wanita untuk berjilbab maupun bercadar.

Kemudian, larangan mengonsumsi hewan seperti babi, kucing, anjing, ular, tikus dan lainnya. Semua ajaran Islam tersebut tentu untuk kebaikan hidup manusia. 

Pujian media di Prancis ini juga menuai beragam respons dari kalangan netizen. Seperti akun @oyovimiemi memberi tanggapan: "Masyaallah... Allahu Akbar"

Akun lain @novierubby menulis: "Allah ingin menunjukan kebesaranNYA. MashaAllah". Kemudian @kimoracitra menanggapi: "Allah Maha Benar dengan segala Firmannya, Allahu Akbar... Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.. Aamiin Allahumma Aamiin"

Ada juga akun bernama @riza_after41 menuliskan: "Betul kalo dengan lawan jenis enggak. Tapi kalo sesama wanita/pria ya cipika cipiki lah. Belom lagi cium tangan yg lebih tua. Orang prancis ga ngerti bahwa orang muslim itu akrab satu sama lain. Makanya tetap cuci tangan dan jangan sentuh muka."

Sementara di akun Twitter Shamsi Ali @ShamsiAli2 juga mendapat respons dari netizen. Seperti akun Twitter @safirasafifra membalas tweet Shamsi Ali: "Baru mereka faham betapa tingginya dan mulianya ajaran Islam. Mulai dari berwudhu, pakai hijab, menutup aurat, tidak bersalaman dengan yang bukan muhrimnya. SUBHANALLAH."

Akun @ElyaDeswita76 menulis: "Untuk keluar pintu rmh aja kami wanita muslimah harus pke baju panjang jilbab panjang dan kaos kaki itu hanya sekedar ke teras buat nyapu2 teras itulah indah nya islam melindung kami muslimah dr bahaya apapun"

"Insyaallah wanita2 muslimah suci2 dan steril dari paparan virus" tulis @AsepKam42597447.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Aug 2020 15:27 WIB

Target 13 Kemenangan, PDIP Jatim: Harus Solid

Pilkada

Minta tidak ada saling iri antarindividu

11 Aug 2020 15:15 WIB

Kantongi Rekom dari Luar Partai, Gus Yani: Saya Masih Kader PKB

Pilkada

Usung perubahan untuk Gresik.

11 Aug 2020 15:09 WIB

Bos Media Hong Kong Ditangkap

Internasional

Menlu AS Mike Pompeo menyebut bos media itu, Jimmy Lay sebagai patriot.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...