Media Internasional Soroti Kerusuhan 22 Mei

23 May 2019 01:28 Internasional

Kerusuhan terjadi di Jakarta setelah massa aksi 21 Mei melakukan unjuk rasa di Gedung Bawaslu RI di Jalan MH Thamrin. Kejadian ini telah memakan banyak korban dan sejumlah mobil hangus terbakar.

Ironisnya, kerusuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg ini, terdengar hingga ke luar negeri. Pemberitaan internasional pun memuat headline kerusuhan 22 Mei di Jakarta.

Media Inggris, The Guardian mengangkat peristiwa ini dengan judul "Indonesia riots: six dead after protesters clash with troops over election result".

"Massa membakar kendaraan-kendaraan di Jakarta setelah para pendukung Prabowo Subianto, yang kalah dalam pemilihan, turun ke jalan-jalan," demikian The Guardian mengawali tulisannya dalam artikel Rabu, 22 Mei 2019.

Media terkemuka Amerika Serikat, Washington Post mengangkat insiden kerusuhan ini dengan judul "Protesters clash with Indonesian police after election loss".

"Para pendukung kandidat presiden yang tak berhasil, bentrok dengan aparat keamanan di ibu kota Indonesia pada Rabu, membakar kendaraan-kendaraan dan melemparkan batu ke polisi, yang merespons dengan gas air mata dan peluru karet," demikian Washington Post.

Media Australia, 9News.com.au mengangkat tulisan serupa. "Six dead, 200 injured as Indonesians riot over election result", demikian judul artikel media tersebut.

"Enam orang tewas dan setidaknya 200 orang telah terluka dalam kerusuhan sipil di tengah kerusuhan liar di jalan-jalan Jakarta setelah pengumuman hasil pemilu Indonesia," demikian media tersebut mengawali artikelnya.

Media Straits Times juga memberitakan kerusuhan ini dengan judul artikel "6 killed, 200 injured in Jakarta election protests that police say are 'by design'."

Media Singapura tersebut mengawali pemberitaannya dengan mengutip pernyataan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal yang menyebutkan bahwa 58 provokator di balik kerusuhan tersebut telah ditangkap.

"Peristiwa pagi ini bukan peristiwa massal yang spontan tapi sebuah peristiwa by design," ujarnya seraya menambahkan bahwa sejumlah amplop berisi uang telah ditemukan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini