Polisi dari Polsek Kuripan mengevakuasi mayat terpotong di dasar sungai dengan cara dipikul. (foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)

Mayat Tak Utuh Ditemukan di Sungai Sekarputih Probolinggo

Jawa Timur 12 August 2020 21:20 WIB

Sesosok mayat tak utuh ditemukan di Sungai Sekarputih, Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, Rabu, 12 Agustus 2020. Melalui identifikasi sidik jari diketahui identitas mayat bernama Sismoyo, 68 tahun, warga Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Mayat tersebut ditemukan mengapung di sungai dangkal oleh sejumlah warga yang hendak ke sawah. Atas laporan warga, jajaran Polsek Kuripan kemudian mengevakuasi jasad yang tidak utuh itu.

Kapolsek Kuripan, AKP Kusmidi membenarkan, kondisi jasad tidak utuh. “Ada dua bagian terpisah, badan lengkap dengan kepala dan kaki kiri jaraknya berjauhan,” katanya.

Mantan Kapolsek Sukapura itu memerinci, potongan tubuh lengkap dengan kepala dan kaki kanan ditemukan di Sungai Sekarputih. Sedangkan kaki kiri ditemukan di Sungai Kledung, atau hulu Sungai Sekarputih.

Polisi kemudian mengevakuasi  jasad tidak utuh itu ke kamar mayat RSUD dr Mohamad Saleh, Kota Probolinggo. Melalui sistem identifikasi sidik jari otomatis akhirnya diketahui identitas mayat sebagai Sismoyo, warga Sukapura.

Belum diketahui penyebab kematian Sismoyo yang jasadnya terpotong di sungai.  Apakah potongan tubuh tersebut karena mutilasi atau karena hanyut dan terbentur bebatuan di sungai. “Tunggu saja, kami masih melakukan penyelidikan bersama Tim Inafis Polres Probolinggo,” kata Kusmidi.

Identifikasi Sismoyo juga sesuai dengan pengakuan Budi, 35 tahun, putra almarhum. Ia membenarkan itu jasad ayahnya dengan sejumlah cir-ciri.

Anang, perangkat Desa Ngadirejo yang mendampingi Budi mengatakan, Selasa sore pihak keluarga sempat mencari korban. “Dicari mulai Selasa sore sampai Rabu siang tidak ditemukan,” katanya.

Sebelumnya, Sismoyo sempat pamit hendak mencari rumput untuk pakan kambingnya. Diduga ia terpeleset dan jatuh ke sungai saat mencari rumput. “Apalagi sejak sejak sore hingga malam hujan deras, yang berakibat jalan licin,” katanya.

Penulis : Ikhsan Mahmudi

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 22:30 WIB

Mahasiswa UB Manfaatkan Daun Kersen Untuk Obati Sariawan

Pojok Unibraw

Daun kersen saat ini kurang termanfaatkan.

26 Sep 2020 22:15 WIB

Kampanye Damai, Machfud Arifin Ingin Surabaya Naik Kelas

Pilkada

MA akan revitalisasi pasar tradisional untuk buka 100 ribu lapangan kerja.

26 Sep 2020 21:16 WIB

Jula Juli Ala Mujiaman Curi Perhatian di Deklarasi Kampanye Damai

Pilkada

Calon Wakil Walikota Mujiaman berkomitmen akan hidupkan kesenian Surabaya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...