Gelang Menjadi Penanda Mayat Mengapung di Pantai Alas Purwo

15 Jan 2020 14:24 Jawa Timur

Jenazah laki-laki yang ditemukan di Pantai Taman Nasional Alas Purwo Senin, 13 Januari 2020 lalu dipastikan Taufik Nur Hidayat, berusia 18 tahun. Dia tercatat sebagai warga Desa Tamansari, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kepastian ini disampaikan keluarga korban bersama dengan kepala desa yang datang ke kamar mayat RSUD Blambangan untuk mengidentifikasi jenazah korban. Keluarga korban tiba di rumah sakit menjelang tengah malam.

Kepala Desa Tamansari, Ponco Radius Widodo, menyebut, keyakinan itu setelah dirinya melihat celana dan gelang tangan yang ada pada jenazah tersebut. Menurutnya, mayoritas anak di desanya memakai gelang yang sama.

Kanit Reskrim Polsek Tegaldlimo Ipda Wignyo Asmoro kiri menyerahkan jenazah pada keluarga korban Foto Hujainingopibarengid
Kanit Reskrim Polsek Tegaldlimo Ipda Wignyo Asmoro (kiri) menyerahkan jenazah pada keluarga korban (Foto: Hujaini/ngopibareng.id)

"Saya yakin sekali bahwa itu jenazah Taufik Nur Hidayat warga saya. Dilihat dari muka sudah tidak bisa tapi ciri-ciri yang kuat gelang dan celana itu," kata pria ini Rabu, 15 Januari 2020 dinihari.

Dia menceritakan, almarhum Taufik Nur Hidayat hilang di Pantai Jetis, Kecamatan Grabag, pada 31 Desember 2019 lalu. Taufik kebetulan baru pulang dari merantau di Jakarta. Baru dua hari di datang, korban kemudian mengajak temannya untuk main ke pantai Jetis dan berakhir hanyut di Pantai jetis.

"Keluarga selama ini tetap optimis mencari terus. Bahkan setiap malam mulai
hari pertama kejadian sampai tujuh hari siang malam saya di pantai," katanya.

Dia menyebut, pihak keluarga mendapatkan informasi penemuan korban dari dunia maya. Selasa pagi salah satu teman korban datang ke rumahnya memberitahukan pada keluarga.

"Dan saya meyakini itu Taufik, karena pada saat di laut itu temannya lihat Taufik pakai gelang itu dan celananyapun juga itu. Itu ciri yang kuat," ujarnya.

Senada dengan Ponco, Wakil Ketua DPRD Purworejo, Kelik Susilo Ardani, mengatakan, jenazah korban dari sisi fisik sudah tidak bisa diidentifikasi. Tapi dari celana dan gelang, menandakan bahwa itu jenazah Taufik.

"Dari gelang, teman-teman dusun itu banyak yang memakai itu. Ciri itu menguatkan bahwa jenazah itu adalah jenazah Mas Taufik," tegas pria yang masih kerabat dekat korban ini.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Tegaldlimo Ipda Wignyo Asmoro menyatakan begitu dipastikan jenazah yang ditemukan adalah Taufik Nur Hidayat langsung diserahkan pada pihak keluarga.

"Keluarga sudah memastikan jenazah itu adalah Taufik Nur Hidayat. Kemudian kita serahkan pada keluarga untuk dibawa pulang dan dimakamkan," ungkapnya.

Jenazah korban langsung dibawa ke Purworejo sekitar pukul 02.30 WIB. Rencananya korban akan langsung dimakamkan di pemakaman setempat setibanya di sana.

Penulis : Muh Hujaini
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini