Ngalam Petengan 2019, Nonton Debat Capres Lewat YouTube Ajah

30 Mar 2019 18:50 Reportase

Mana lebih penting.  Menjaga bumi atau menonton Debat Capres malam ini. Apa pun jawabnya masyarakat Malang memilih mengajak  Ngalam Petengan 2019.

Ajakan Ngalam petengan ini adalah bagian Earth Hour secara global. Tak hanya mengajak, mereka juga memberikan solusi. Solusinya sederhana, menonton debat calon presiden lewat siaran ulang yang mudah diakses lewat youtube ataupun media lainnya.

"Jadi kita masih bisa memadamkan lampu. Kan jarang-jarang ini mematikan listrik secara bersamaan. Kita juga masih bisa nonton debat di YouTube," ujar Irmadela Nindyadiasti, Public Relation Malang Earth Hour.

Nindyadiasty menambahkan, lewat banyaknya media yang ada kita juga bisa melihat ulasan mengenai debat Capres. Sedangkan, mematikan lampu secara serentak akan menolong bumi dari perubahan iklim.

Di Malang, kata dia,  Earth Hour sudah dilakukan sejak 2012 dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Tahun ini bernama Ngalam Petengan 2019.

Wakil Bupati Malang, Sanusi, juga menerbitkan surat himbauan untuk mendukung Gerakan Earth Hour 2019. Surat himbauan tersebut ditujukan kepada berbagai instansi dan masyarakat di Kabupaten Malang agar mematikan lampu selama satu jam mulai pukul 20.30-21.30.

Selain itu, dihimbau juga agar masyarakat menerapkan perilaku hemat energi dengan menggunakan listrik sesuai kebutuhan dan mematikannya apabila tidak diperlukan. (fjr)

Penulis : Fajar Dwi Ariffandhi
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini