Ilustrasi pemeriksaan mata di RSMU. (Foto: Dok. RSMU)
Ilustrasi pemeriksaan mata di RSMU. (Foto: Dok. RSMU)

Mata Minus Bisa Sembuh dengan Obat, Ini Jawaban Dokter

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 30 August 2020 20:23 WIB
RS Mata Undaan

Topik mengenai mata minus memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Salah satu pertanyaan besar di masyarakat ialah, apakah mata minus bisa disembuhkan dengan obat-obatan ataupun obat tetes mata saja?

Menanggapi hal tersebut, dr dr. Donny Wishnu Chandra, SpM dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya menjelaskan, mata minus disebabkan karena anotomi lensa mata yang memanjang sehingga sinar yang ditangkap tidak bisa sampai pada retina.

"Mata itu kan bulat. Nah, mata minus ini karena anotomi lensa mata yang memanjang, sehingga sinar yang masuk tidak dapat diterima retina," ungkap dokter spesialis Vitrioretina ini.

Obat-obatan atau obat tetes mata sekalipun ternyata tidak bisa membuat anatomi lensa mata yang memanjang tersebut menjadi pendek.

Kondisi mata minus sendiri, menurut Donny, membutuhkan lensa tambahan atau kacamata yang bisa membantu sinar sampai ke retina sehingga mata bisa berfungsi dengan sempurna.

"Kalaupun tidak ingin memakai kacamata yang bisa dilakukan ialah operasi Lasik. Kita tipiskan lensanya dengan bedah refraktif agar sinar bisa sampai ke retina," kata dia.

Mengenai Lasik, RSMU memiliki layanan Lasik Center. Bila Anda menginginkan informasi tentang Lasik, Anda bisa langsung menghungungi Lasik Center RSMU yang ada di Jalan Undaan Kulon 17-19, Surabaya.

Donny juga menambahkan, selain mata minus tidak bisa disembuhkan dengan obat atau obat tetes. Ukuran mata minus juga tidak bisa tiba-tiba turun karena obat ataupun obat tetes mata.

"Logikannya begini kalau sudah panjang terus tiba-tiba menjadi pendek, saya rasa tidak mungkin. Meskipun manusia memiliki masa pertumbuhan, apakah yang sudah panjang bisa menjadi pendek," imbuhnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 23:31 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 M

Warta Bumi

Gunung Sinabung luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter.

25 Oct 2020 23:15 WIB

Jelang Risma Pensiun, Keluhan Warga di Reses Dewan Masih Sama

Surabaya

Mahfudz tepok jidat kinerja Risma tak berdampak

25 Oct 2020 23:02 WIB

Tim Cyber Media PDIP Lawan Hoax di Pilkada 2020, Ini Tugasnya

Pilkada

Tim ini dilatih untuk melawan kampanye hitam dengan kampanye positif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...