Dokter mata RSMU Surabaya dr. Dedik Ipung Setiyawan, Sp.M. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Pesan Dokter Mata RSMU: Mata Merah Jangan Dianggap Remeh

RS Mata Undaan 28 June 2019 12:24 WIB

Ketertarikannya pada operasi dan pembedahan mengantarkan dr. Dedik Ipung Setiyawan, Sp.M menjadi dokter mata. Meskipun mata bukan salah satu bidang pembedahan besar, menurutnya mata memiliki keunikan tersendiri dalam pembedahan.

"Bedanya mata mungkin pembedahannya bisa direncanakan, tidak seperti bidang lain yang kadang membutuhkan waktu pembedahan saat itu juga," ujar dokter yang menanggani Opthalmologi Umum serta katarak ini.

Sejak bergabung dengan Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya pada 2017, Dedik banyak menanggani berbagai macam kasus mata dan katarak. "Di sini masih umum jadi masih banyak menanggani yang kasus mata umum dan katarak," ujarnya ditemui di ruang dokter RSMU.

Ia menceritakan, kasus mata yang banyak ditangani ialah infeksi mata merah dan katarak yang sering terjadi di masyarakat. Untuk infeksi mata merah, ia menghimbau, jangan meremehkan masalah tersebut.

Menurut Dedik, mata merah merupakan tanda adanya infeksi bila tak ditangani dengan baik bisa menimbulkan masalah yang serius.

"Selain mata marah, juga banyak kasus katarak yang saya tangani. Katarak penyebabnya bisa macam-macam bisa karena faktor usia, trauma seperti pernah jatuh, terbentur di bagian mata, bisa juga karena sering mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid akhirnya alergi dan menjadi katarak, bisa juga karena komplikasi penyakit lain seperti kencing manis," jelasnya.

Dedik menuturkan, sampai saat ini pengobatan untuk katarak adalah operasi. Guna mendalami teknik operasi katarak, Dedik pernah mengikuti program fellowship Phaco-Emulsifikasi di klinik mata 'Utama' Gresik.

Sebelumnya, dokter yang berpraktek di RSMU ini menempuh pendidikan dokter umum dan spesialis mata di Universitas Airlangga Surabaya.

dr Dedik Ipung Setiyawan SpM saat bertugas di ruang dokter RSMU Foto Pitangopibarengiddr. Dedik Ipung Setiyawan, Sp.M saat bertugas di ruang dokter RSMU. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Dedik tak pernah lelah mengedukasi masyarakat untuk tidak meremehkan bila terjadi gangguan pada mata, khusunya mata merah. Sebab, kondisi ini bisa ditimbulkan oleh beragam masalah. Sehingga harus segera diketahui penyebab pastinya dengan memeriksakan mata ke ahlinya.

 

RSMU dapat menjadi rujukan Anda dalam mendapatkan pelayanan pemeriksaan mata lengkap. Bila Anda ingin melakukan registrasi untuk konsultasi dokter dan pengobatan mata, dapat diakses secara mudah dengan aplikasi 'RSMU Eyecare'. Anda tinggal mengunduh lewat Google Playstore.

Selamat menjaga kesehatan jendela dunia melalui mata. (pts)

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Mar 2020 00:04 WIB

Awas Virus Corona Bisa Masuk Lewat Mata, Begini Mencegahnya

Nasional

Mata bisa menjadi pintu masuk virus Corona ke tubuh kita. Hati-hati!

26 Mar 2020 14:12 WIB

Demi RSMU, Mundur dari Dosen di Usia Muda

RS Mata Undaan

Ini kisah dokter yang berjuang untuk membesarkan RS Mata Undaan.

22 Mar 2020 09:40 WIB

Antisipasi Wabah Covid, Ini yang Dilakukan RS Mata Undaan

RS Mata Undaan

Berbagai langkah dilakukan RS Mata Undaan dalam menghadapi Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.