Xavi Hernandez. (Foto: Twitter/@AlsaddSC)
Xavi Hernandez. (Foto: Twitter/@AlsaddSC)

Masuk Skuat Impian Ballon d’Or, Kelayakan Xavi Dipertanyakan

Ngopibareng.id Dunia 15 December 2020 19:45 WIB

Masuknya nama Xavi Hernandez sebagai satu-satunya pemain Spanyol yang mewakili The Dream Team Ballon d’Or, bersanding dengan pemain-pemain terhebat dari masa ke masa menjadi perdebatan banyak pihak.

Mantan gelandang Barcelona itu tampil bersama orang-orang seperti Franz Beckenbauer, Paolo Maldini, Pele, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Banyak yang mempersoalkan apakah dia yang terhebat sepanjang masa? Pasalnya, masih banyak pemain Spanyol lain yang tak kalah hebat dari sisi prestasi dan pencapaian.

Siapa saja mereka? Ini lima pemain Spanyol yang memiliki karier moncer selama aktif bermain:

  1. Iker Casillas

Eks kiper Real Madrid ini memiliki semua syarat untuk masuk dalam skuad impian Ballon d’Or. Pasalnya, Kapten Spanyol yang memenangkan treble, Euro 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 itu menjadi andalan selama lebih dari satu dekade untuk La Roja. 

Bersama Los Blancos, ia membuat lebih dari 700 penampilan, memenangkan lima gelar LaLiga dan tiga Liga Champions.

  1. Sergio Ramos

Di usianya yang sudah 34 tahun, kapten Real Madrid dan Spanyol saat ini memiliki tiga gelar liga, empat Liga Champions, dua Piala Eropa dan satu Piala Dunia. 

Bek tengah, pahlawan Real Madrid di final kontra Atletico Madrid di Lisbon pada 2014 itu juga mendekati 100 gol untuk Los Blancos.

  1. Andres Iniesta

Iniesta adalah pemain penting dalam sejarah sepak bola Spanyol. Dia mencetak gol terpenting dalam sejarah sepak bola Spanyol saat memenangkan laga final melawan Belanda di Piala Dunia 2010. 

Ia merupakan salah satu gelandang terbaik di generasinya dan mengumpulkan setiap penghargaan yang diperoleh di level klub maupun di  ajang internasional.

  1. Xabi Alonso

Di era Xavi, Iniesta, dan Busquets, Alonso masih berhasil jadi pilihan dalam skuat Timnas Spanyol. Pemenang Piala Dunia 2010 itu juga sempat memperkuat beberapa klub terbesar di Eropa.

Ia sempat bermain untuk klub sebesar Liverpool dan Bayern Munchen dan di bawah asuhan pelatih ternama seperti Josep Guardiola, Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti.

  1. Luis Suarez

Mantan pemain Barcelona itu menjadi satu-satunya orang Spanyol yang pernah memenangkan Ballon d'Or pada tahun 1960. Selama masa aktifnya sebagai pemain Inter Milan, ia memenangkan tiga gelar Serie A dan dua Liga Champions, sekaligus memenangkan Euro tahun 1964 bersama Spanyol.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2021 03:26 WIB

Orang Muhammadiyah Enggan Berzikir? Ini Jawabannya

Khazanah

Melahirkan tindakan membantu sesama

26 Feb 2021 02:19 WIB

Kritik Masyarakat Sakit, Al-Ghazali: Akalbudi Basis Pahami Agama

Khazanah

Pesan-pesan Islam KH Husein Muhammad

26 Feb 2021 01:45 WIB

Tradisi Menulis Ciri Khas Kader Muhammadiyah, Pesan Haedar Nashir

Khazanah

Tulisan di media dikoreksi bahasa, substansi dan konteks

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...