Sejumlah oknum polisi mengejak massa demonstrasi yang kabur ke dalam Masjid Syuhada Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram @makassar_iinfo)

Masuk Masjid Pakai Sepatu, Polisi Minta Maaf ke Imam dan Pengurus

Nasional 25 September 2019 17:43 WIB

Masjid Syuhada 45 viral. Masjid yang terletak di area Pengadilan Tinggi Negeri (PTN) Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, atau tepat berada di samping kiri Gedung DPRD Sulawesi Selatan (Sulses) itu, viral lantaran dimasuki sejumlah oknum polisi tanpa membuka sepatu.

Kejadian ini berlangsung saat oknum polisi tersebut mengejar mahasiswa demo di Gedung DPRD Sulsel, pada Selasa 24 September 2019.

Kabid Humas Polda Sulses Kombes Pol Dicky Sondani telah menyampaikan permohonan maaf kepada publik.

Kini, giliran sejumlah polisi yang mendatangi Masjid Syuhada dipimpin Kasat Binmas Polrestabes Makassar AKBP Azhan, menemui imam dan pengurus masjid, Rabu 25 September 2019 sekitar pukul 14.20 WITA.

"Mungkin anggota sudah capek (saat masuk masjid), tapi apapun alasannya anggota kami memang salah. Kami mohon maaf," tutur AKBP Azhan.

Sebelumnya, sebuah video viral memperlihatkan oknum polisi berseragam lengkap plus senjata masuk masjid sambil mengenakan sepatu.

Video itu diunggah akun Instagram @makassar_iinfo. "Polisi menangkap mahasiswa sampai masuk ke dalam masjid."

Dalam keterangannya dijelaskan bahwa mahasiswa yang ditangkap tersebut merupakan demonstran yang berunjuk rasa di depan DPRD Sulawesi Selatan, terkait revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (RUU KPK).

Namun karena terjadi bentrok, mahasiswa kabur ke dalam masjid yang lokasinya berdekatan dengan aksi demo.

Polisi tanpa lepas sepatu pun merangsek masuk menangkap mahasiswa. Sejumlah mahasiswi yang ada di dalam masjid sudah mengingatkan polisi bahwa tidak boleh masuk masjid pakai sepatu. “Sepatu pak,” kata mahasiswi yang merekam kejadian itu.

Video polisi masuk masjid pakai sepatu ini sudah ditonton lebih dari 73 ribu kali. Netizen pun ramai-ramai mengomentari dengan kalimat pedas.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Oct 2019 17:45 WIB

Buntut Panjang Polisi Masuk Masjid Pakai Sepatu

Hukum

Dua polisi yang masuk masjid bersepatu dijatuhi sanksi penahanan selama 14 hari.

25 Sep 2019 12:05 WIB

Polisi Masuk Masjid Pakai Sepatu,MUI: Itu Merendahkan Tempat Suci

Nusantara

MUI Makassar menyayangkan tindakan polisi yang masuk masjid dengan memakai sepatu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...