Tim futsal Jawa Timur swafoto di Lapangan Futsal Bhaskara, Surabaya, Rabu 11 Desember 2019. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

Masuk Grup Neraka, Tim Futsal Jatim Optimis Lolos Pra-PON

Lain-lain 11 December 2019 17:29 WIB

Tim futsal Jawa Timur (Jatim) percaya diri menyambut babak pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua, yang akan diselenggarakan di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, 16-18 Desember 2019.

Walau begitu, bukan perkara mudah bagi tim asuhan Eko Purbo itu untuk bisa lolos. Pasalnya, Jatim tergabung dalam grup neraka bersama tim DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Dari ketiga tim itu, DKI Jakarta dan Jateng layak disebut sebagai rival terberat. Sebab, mayoritas pemain yang dimiliki kedua tim sudah sangat kaya akan pengalaman karena juga bermain di Pro Futsal League.

Sedangkan skuad Jatim, banyak dihuni oleh pemain-pemain jebolan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VI 2019. Jatim hanya menggunakan dua pemain yang bergabung dengan tim profesional.

Tapi, Eko Purbo tetap optimis bisa lolos karena tim Jatim sudah dipersiapkan secara matang dalam pemusatan latihan yang sudah berjalan tiga bulan. Bahkan, kondisi terbaru persiapan sudah hampir 100 persen siap tempur.

“Kami berusaha maksimal dengan persiapan yang mepet, dan pemain yang belum terlalu banyak pengalaman. Kami bertekad lolos ke PON Papua,” ungkap Eko.

Dalam cabor futsal ini ada kebijakan baru, yakni setiap tim hanya diberikan kuota 14 pemain yang didaftarkan, dan 12 pemain yang boleh dimasukkan dalam line up. Berbeda dengan gelaran yang sama tahun 2016 lalu masih diperbolehkan mendaftarkan 18 nama.

Kondisi ini ternyata cukup membuat tim pelatih agak kesulitan dalam menentukan pemain. Sebab, aku Eko, jika materi pemain yang diseleksi memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dapat kesempatan membela Jatim.

“Kami sudah mencoret beberapa pemain. Kini pemain kami tinggal 15 pemain. Semuanya akan dibawa ke Jatinangor,” ujar Eko.

Dengan materi yang ada saat ini, Eko berharap para pemain dapat menampilkan permainan terbaik dan menjalankan arahan pelatih.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 13:55 WIB

Terapkan New Normal, Pedagang Pasar Manyar Dipuji Khofifah

Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sidak ke Gresik.

04 Jun 2020 13:38 WIB

Partai Gelora Siap Ikut Pemilu 2024

Politik

Sudah Dapat SK Pemerintah, Partai Gelora siap ikut pemilu 2024

04 Jun 2020 13:35 WIB

Sembuh dari Covid, 20 Nakes RS Unair Kembali Bekerja

Kesehatan

Sudah Negatif, Nakes RS Unair yang Terpapar Covid Kembali Bekerja

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...