Masuk Daftar Kandidat Cawapres Jokowi, Menteri Susi Tak Punya Persiapan Khusus

Ngopibareng.id Nasional 04 August 2018 14:08 WIB

Ketua Umum (Ketum) PPP Romahurmuziy (Rommy) mengungkap 10 kandidat final bakal calon wakil presiden Jokowi di Pilpres 2019. Selain dirinya, Rommy menyebut dalam daftar itu ada nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tak lama kemudian muncul dukungan untuk Susi dari elemen masyarakat, di antaranya Pergerakan untuk Susi (Pegasus) dan juga Jokowi-Susi Pudjiastuti (JOSS).

Meski demikian, wanita yang baru saja mendapat ijazah Kejar Paket C itu mengaku, belum pernah bertemu langsung dengan para pendukungnya tersebut.

"Itu cuma bisanya Pak Rommy (Ketum PPP Romahurmuziy). Itu kan kawan sekolah ibu. Pak Rommy takut saya tenggelamkan," Susi berkelakar. Menteri yang satu ini terkenal dengan jargonnya 'tenggelamkan'.

Susi menegaskan tidak mempersiapkan diri menjadi cawapres. Kesibukannya kini adalah bagi-bagi ikan. "Saya enggak ada persiapan apa-apa, hanya sibuk bagikan ikan (untuk warga)," ujar Susi.

Ia sengaja bagi-bagi ikan agar saat cuaca buruk yang berdampak pada tidak melautnya para nelayan, pasokan ikan tidak terganggu.

"Meski tidak melaut pasokan ikan kita masih aman. Banyak ikan yang disimpan di cold strorage," ujar Susi.

Meski begitu, Susi ingin mencarikan jalan keluar agar para nelayan tidak kekurangan pemasukan. Salah satunya seperti di Pangandaran, yang banyak terdapat desa wisata.

"Jika nelayan tidak bisa melaut karena ombak tinggi, bisa dipastikan nelayan bisa cari pekerjaan lain, seperti di Pangandaran kan ada desa wisata," tutur Susi.

Ia pun bakal melihat potensi di daerah dan mengembangkan sesuai potensi masing-masing. "Itu supaya tidak menambah pengangguran," sambung Susi. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Feb 2021 15:58 WIB

Heboh Duet Susi-Anies Baswedan Pilpres 2024

Nasional

Isu eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti nyapres 2024.

11 Jan 2021 15:03 WIB

Sakti Trenggono, Menteri Pekerja Yang Tak Silau Sorot Media

Tokoh

Menteri ini meniti karir dari nol

24 Dec 2020 14:25 WIB

Menteri Kelautan Legowo Lepas Jabatan di Agrinas dan KKIP

Nasional

Risma rangkap jabatan, Sakti Wahyu Trenggono lepas jabatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...