Inggris meminta agar Huawei segera mengeluarkan seluruh teknologi 5G nya dari Inggris maksimal di tahun ini. (Unsplash.com)

Masalah Keamanan, 5G Huawei Diminta Segera Hengkang dari Inggris

Gadget 05 July 2020 13:55 WIB

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson merencanakan untuk segera mengeluarkan seluruh instalasi Huawei di jaringan 5G, dari Inggris, maksimal di tahun ini.

Dikutip dari Telegraph, Reuters melaporkan jika Inggris menginginkan agar seluruh peralatan Huawei bisa keluar dari Inggris paling lambat enam bulan kedepan.

Langkah ini keluar setelah agensi intelijen nasional GCHQ merilis acaman keamanan atas teknologi asal China. Laporan yang disampaikan oleh Pusat Keamanan Siber Nasional GCHQ menyimpulkan jika sanksi Amerika Serikat pada Huawei akan memaksa perusahaan menggunakan teknologi yang tak bisa dipercaya sehingga meningkatkan risiko untuk tak bisa diawasi, kata koran tersebut.

Sanksi dari Amerika Serikat tersebut berdampak cukup parah pada perusahaan yang kemudian mengubah kalkulasi dari GCHQ, tulis laporan itu.

Nantinya, laporan ini akan dipresentasikan di depan Boris Johnson pada pekan ini.

Sementara, juru bicara Boris Johnson pada awal minggu lalu mengatakan jika pemerintah akan secepatnya menyelesaikan review atas implikasi dari sanksi Amerika Serikat, dalam bentuk memotong akses Huawei pada produsen chip di negeri Paman Sam itu.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...