Bendon project modifikasi dan perbaikan sepeda Minion dan mini treck (Foto: Fendi /ngopibareng.id)
Pendemii masa pesepada

Kreativitas Muda di Kediri Dirikan Usaha Variasi Sepeda Mini Trek

Feature 12 July 2020 21:17 WIB

Pandemi Covid 19, warga yang berolahraga dengan sepeda di Kota Kediri semakin marak. Di sepanjang jalan protokol, banyak ditemui warga bersepeda.

Melihat itu sekumpulan anak muda di kelurahan Banjaran, Kota Kediri yang mengatasnamakan diri Brandon Project merintis usaha modifikasi sepeda.

Dodoth F Widodo Putra, salah perintis Brandon Project, mengatakan usahanya ini baru dilakoninya satu bulan yang lalu. Ia bersama temannya sudah menerima 10 pelanggan.

"Awal ide ini karena komunitas bendon project yang kegiatannya berisi mural dan crafting sedang sepi order. Terus ada rekan yang punya ide merakit sepeda. Akhirnya kita pindah jalur," kata Dodot, Minggu 12 Juli 2020.

Kata Dodoth, komunitas Brandon Project ini awalnya hanya menerima servis dan variasi sepeda khusus yakni mini trek dan minion. Karena dua sepeda ini lagi ngetren dan banyak digandrungi kawula muda.

Bendon project modifikasi dan perbaikan sepeda Minion dan mini trek Foto Fendi ngopibarengidBendon project modifikasi dan perbaikan sepeda Minion dan mini trek (Foto: Fendi /ngopibareng.id)

Meski baru satu bulan, usahanya ini sudah sudah diketahui banyak komunitas pesepeda, baik dari Kota Kediri maupun dari luar, seperti dari Nganjuk.

Ongkos biaya perbaikan atau modifikasi bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan kemauan tambahan onderdil. Paling murah rakitan standard dibanderol Rp1,6 juta. Kalau pakai rakitan bahan yang kelas, biayanya bisa mencapai Rp4 juta lebih.

"Tergantung suku cadangnya," kata pemuda lulusan sekolah Seni rupa dan Desain, Jogjakarta.

Seiring berjalannya waktu, kendala yang dihadapi saat ini sulitnya mendapatkan spare part. Ia bersama temannya sudah berkeliling mencari di Tulunganggung dan Trenggelak, tapi hasilnya nihil.

"Peminatnya banyak, tapi suku cadangnya yang kosong. Jika ada pun harus inden sebulan," katanya.

Semula, lanjut Dodoth, hanya menerima variasi jenis sepeda khusus yakni mini trek dan minion. Namun, karena sulitnya mencari suku cadang dua sepeda itu, akhirnya ia juga menerima orderan variasi sepeda jenis lain, termasuk juga pengecatan warna.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 18:20 WIB

Wapres Bicara Soal K-Pop

Nasional

Wapres Ma'ruf Amin berharap K-Pop mendorong anak-anak muda Indonesia

20 Sep 2020 18:16 WIB

Satpol PP Pemkab Banyumas Dilarang Pakai Masker Scuba

Nasional

Dilarang pakai masker scuba di lingkungan Satpol PP Pemkab Banyumas.

20 Sep 2020 18:09 WIB

Mendikbud: Sejarah Adalah Tulang Punggung Identitas Bangsa

Nasional

Mendikbud pelajaran sejarah akan dihapuskan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...