Perpustakaan keliling di Pasuruan dalam menjalankan program perpustakaan jangkau keluarga. (Foto: Dok Humas)
Perpustakaan keliling di Pasuruan dalam menjalankan program perpustakaan jangkau keluarga. (Foto: Dok Humas)

Masa Pandemi, Pemkab Pasuruan Kembali Galakkan Program Pujangga

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 03 October 2020 22:15 WIB

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di masa pandemi covid-19 dalam rangka meningkatkan minat baca mulai menggalakkan Program perpustakaan keluarga (Pujangga) kembali.

Yusmiarto Eben, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan mengatakan, mulai awal tahun hingga sekarang, setidaknya sudah 13 titik yang digunakan sebagai sasaran program Pujangga.

Ditargetkan, menjelang akhir tahun ini, ada tambahan 5 titik yang akan disasar, yakni Rejoso, Gondangwetan, Winongan, sampai Grati dan Nguling. Tujuannya agar program pujangga ini lebih merata dan kedepan makin banyak titik yang dibagikan di Kabupaten Pasuruan.

"Total 18 titik yang akan kami datangi. Setiap titik akan kami jadikan lokasi sasaran Pujangga dengan target banyak rumah warga yang akan kami kunjungi," kata Eben, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Diketahui, Pujangga juga bisa diartikan sebagai Perpustakaan Jangkau Keluarga yang muaranya adalah mendongkrak minat baca masyarakat.

Kata Eben, program ini dimulai dari keluarga atau langsung menyasar rumah-rumah warga. Sehingga Dinas Perpustakaan melakukan drop buku langsung ke rumah.

"Tujuannya agar keluarga memiliki akses untuk membaca buku. Meskipun baru awal, harapan kami dengan men-drop buku di rumah, maka akan terbentuk minat baca," katanya.

Sebagai percontohan, Desember tahun lalu sudah diterapkan ke beberapa titik diantaranya Cangkringmalang, Beji, Warungdowo, dan Pohjentrek.

Eben menegaskan bahwa setiap titik akan membagikan 10 hingga 20 paket. Untuk satu paketnya berisikan 5 buku yang akan dibagikan setiap rumah.

"Sampai kini bertahap dan tercatat sudah ada 13 titik di Kabupaten Pasuruan. Pertitik ada 10-20 paket, dimana tiap paketnya ada 5 buku yang dibagikan setiap rumah," katanya.

Eben menambahkan, adanya imbas wabah Covid-19 membuat kegiatan pujangga menjadi tersendat lantaran vakum dan penggiliran buku sempat tidak maksimal. Namun setelah uji coba new normal, Pujangga kembali digalakkan sehingga kembali ada penggiliran paket buku ke rumah lainnya.

"Target kami menjelang akhir tahun ini ada tambahan 5 titik pujangga lagi," ujarnya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 07:53 WIB

Artidjo Alkostar: Sebuah Kitab Keadilan

Hamid Basyaib

Artidjo sosok penegak hukum yang memiliki integritas tinggi dan sahaya.

01 Mar 2021 07:35 WIB

Soal Legalisasi Usaha Miras, Muhammadiyah: Itu Buah UU Ciptaker

Khazanah

Fenomena bangsa yang telah kehilangan arah

01 Mar 2021 07:29 WIB

Memanas dengan Iran, Joe Biden Akan Umumkan Sikap Terhadap Arab

Internasional

Terkait Putra Mahkota Raja Arab Saudi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...