Ilustrasi virus corona. (Foto: Google)
Ilustrasi virus corona. (Foto: Google)

Masa Darurat Bencana Corona Diperpanjang hingga 29 Mei 2020

Ngopibareng.id Nasional 17 March 2020 16:00 WIB

Pemerintah lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia. Masa darurat ditetapkan dari 29 Februari hingga 29 Mei 2020.

"Perpanjangan Status Keadaan Tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020," demikian bunyi putusan BNPB yang diteken Kepala BNPB Doni Monardo dalam surat keputusan yang diterima wartawan, Selasa 17 Maret 2020.

Perpanjangan status darurat bencana covid-19 ini sebagai bentuk mitigasi kepada masyarakat yang sehat agar tidak terjangkit virus corona. Juga agar pemerintah, dalam hal ini BNPB bisa menyiapkan rumah sakit dan dana operasionalnya dalam membasmi virus corona ini.

Sebelumnya, beredar mengenai Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A Tahun 2020 tentang perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia.

Berikut keputusan lengkap surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala BNPB tersebut:

Kesatu: Menetapkan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Kedua: Perpanjangan Status Keadaan Tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Ketiga: Segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya Surat Keputusan ini dibebankan pada Dana Siap Pakai yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Keempat: Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Dec 2020 12:55 WIB

Belasan Nasabah Geruduk Kantor Cabang Bumiputera Trenggalek

Jawa Timur

Mereka menagih komitmen membayar klaim asuransi yang sudah jatuh tempo.

04 Dec 2020 12:41 WIB

Polda Jatim Gencar Patroli Cyber Jelang Pilkada Serentak

Jawa Timur

Antisipasi konflik SARA dan politik uang

04 Dec 2020 12:30 WIB

Lebih Percaya Diri Dengan LASIK, Hubungi SALC RSMU Untuk Promo Me

RS Mata Undaan

Ada potongan harga sebesar 5% dapat diperoleh hingga akhir tahun 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...