Cawapres RI Ma'ruf Amin (jas abu-abu) saat menghadiri Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani di Pondok Pesantren Roudhoh Al-Hikam, Cibinong, Sabtu (5/1). (Foto: dok/antara)

Ma'ruf Amin: Tugas Kiai itu Berat

Politik 06 January 2019 07:40 WIB

Calon Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan tugas seorang kiai atau ulama sangat berat karena harus mengajak dan menuntun umat keluar dari kegelapan jahiliyah.

"Tugas kiai itu berat, harus mengajak, menuntun manusia keluar dari jahiliyah seperti apa yang diemban para rasul," kata Ma'ruf Amin dalam sambutannya di acara Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani di Pondok Pesantren Roudhoh Al-Hikam, Cibinong, Sabtu 5 Januari 2019 malam.

Dia mengatakan tugas kiai meneruskan apa yang telah dilakukan para rasul yang juga mengeluarkan umat dari jahiliyah.

"Jahiliyah itu terus datang kembali. Ketika jahiliyah datang Allah mengutus Nabi Nuh, jahiliyah datang lagi Allah mengutus Nabi Ibrahim, datang lagi diutus Nabi Isa, datang lagi diutus Nabi Muhammad," ujar dia.

Dia mengatakan setelah Nabi Muhammad tidak ada lagi nabi. Kini penerus nabi adalah para ulama dan rasul.

Namun, kata dia, ulama suatu ketika akan wafat atau dipanggil Allah SWT. Jika ulama wafat, ulama akan membawa serta ilmunya.

Oleh karena itu, kata dia, banyak pesantren didirikan di mana-mana, untuk mempersiapkan generasi penerus ulama sehingga bangsa tidak kehabisan ulama.

Ma'ruf pun mengimbau umat Islam mengirimkan satu anaknya yang pintar ke pesantren, agar bisa menjadi kiai atau ulama penerus rasul.

"Kirimkan anak ke pesantren supaya ada regenerasi ulama. Karena kata rasul, kalau tidak tersisa orang alim, maka orang akan mengangkat pemimpin yang jahil," jelasnya.

Adapun dalam acara Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani di Ponpes Roudhoh Al-Hakim yang dihadiri ribuan santri dan masyarakat setempat, Ma'ruf juga menyatakan harapannya agar seluruh peserta haul memeroleh berkah dari kegiatan tersebut. (ant)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Mar 2020 19:15 WIB

Ungguli Prabowo-Anies, Sandiaga Uno Tokoh Potensial Capres 2024

Nasional

Politisi Gerindra itu menempati urutan teratas dalam survei Capres 2024

27 Mar 2020 02:59 WIB

Jokowi ajak Negara G20 Perang Melawan Covid-19

Nasional

Jokowi meminta negara G20 memerangi Covid-19 bersama-sama.

27 Mar 2020 01:18 WIB

Dalam Suasana Duka Presiden Jokowi Ikuti KTT G20 Secara Virtual

Nasional

Presiden Jokowi usai mengikuti prosesi pemakaman ibundanya .

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.