Anthony Martial saat berselebrasi seusai mencetak gol penalti ke gawang Partzan Belgrade. (Foto: Twitter/@ManUtd)
Liga Europa 2019-2020

Martial Cetak Gol Semata Wayang, MU Menang Pertama di Tandang

Liga Champions 25 October 2019 02:57 WIB

Manchester United akhirnya berhasil meraih kemenangan tandang pertama mereka setelah 8 bulan lamaya. Menghadapi Partizan Belgrade pada lanjutan pertadingan grup L Liga Europa di Stadion FK Partizan, Serbia, Setan Merah berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Manchester United dicetak Anthony Martial melalui sepakan 12 pas, tepat beberapa menit sebelum babak pertama berakhir.

Pada babak pertama, pertandingan dimulai dengan tempo sedang. Kedua tim masih saling mengintip kelemahan pertahanan masing-masing. Bahkan, hingga 10 menit pertandingan berjalan, tidak ada peluang berbahaya yang diciptakan kedua tim.

Baik Partizan maupun MU cenderung bermain aman. Hingga pergerakan bola pun lebih banyak berkutat di lini tengah. MU dan Partizan, sama-sama kesulitan melakukan penetrasi dan memberi ancaman.

Peluang berbahaya baru hadir pada menit ke-15. Manchester United lah yang mendapatkan peluang. Memanfaatkan sepak pojok Juan Mata, tandukan Scott McTominay masih melebar tipis dari gawang Vladimir Stojković.

Selepas peluang McTominay, baik MU ataupuan Partizan lagi-lagi tak mendapatkan peluang matang.

Hingga menit ke-30, juga tidak ada peluang berbahaya. Partizan hanya melakukan serangan balik yang masih bisa dimentahkan oleh barisan belakang Setan Merah.

United sendiri sejak awal pertandingan lebih mengutamakan penguasaan bola. Mereka tercatat menguasai 56 persen bola di 30 menit babak pertama.

Menit ke-37, tim asuhan Ole Gunnar Solksjaer itu sempat mendapatkan peluang emas dari kaki Jesse Lingard. Kemelut di depan gawang Partizan, dimanfaatkan Lingard untuk melepaskan tembakan, bahkan sudah membuat kiper Partizan mati langkah. Sayang, tendangannya masih diselamatkan oleh mistar gawang.

Dua menit kemudian, giliran tim tuan rumah partizan Belgrade yang membuat pendukung United nyaris terdiam. Namun sayang, tembakan Umar Sadiq dari luar kotak penalti hanya mengenai tiang gawang.

Tak mau kalah, mantan pemain Arsenal Takuma Asano juga melepaskan tembakan ke gawang Sergio Romero. Namun sepakannya masih melebar di samping gawang United.

Petaka untuk Partizan terjadi pada menit ke-42 setelah Brandon Williams dijatuhkan di kotak penalti saat melakukan tusukan ke kotak penalti Partizan.  Anthony Martial yang ditunjuk menjadi eksekutor berhasil menipu langkah Stojkovic. Skor 1-0 untuk United.

Hingga peluit babak pertama dibunyikan, tidak ada gol tambahan yang terjadi.

Babak Kedua

Tertinggal gol di babak pertama, Partizan langsung tancap gas sejak babak kedua dimulai. Belum satu menit laga berjalan, Partizan mendapatkan peluang berupa tendangan bebas di luar kotak penalti, setelah Sadiq dijatuhkan oleh Phil Jones. Sayang, tembakan mendatar Bibras Natkho masih melebar dari gawang yang dijaga Romero.

Partizan pun memberikan tekanan secara spartan. Enam menit setelah tendangan bebas Natkho, Partizan kembali mengancam melalui tembakan Seydouba Soumah. Sebelum menembak, pemain asal Guyana itu sempat memperdaya Harry Maguire dengan skillnya. Sayang, tembakan Soumah masih bisa diamankan oleh Romero.

Melihat serangan Partizan semakin mengganas, bukannya memperkuat pertahanan MU, Solksjaer malah menambah daya gedor. Ia menarik keluar Aaron Wan-Bissaka dan Anthony Martial untuk digantikan Daniel James dan Marcus Rashford.

Keputusan Ole sangat tepat. Belum juga satu menit, kedua pemain itu langsung membuat lini belakang Partizan kelabakan dengan kecepatan yang mereka miliki. Keduanya sempat mendapat peluang di kotak penalti Partizan. Namun kesalahan komunikasi membuat peluang tersebut gagal dikonversikan menjadi gol.

Di menit ke-66 terjadi sebuah kontroversi setelah Brandon Williams tertangkap kamera melakukan handsball di kotak terlarang MU. Namun wasit tetap melanjutkan pertandingan dan tidak mengindahkan protes yang diberikan pemain tuan rumah.

Setelah kejadian tersebut, Partizan kian semangat menyerang. Mereka berhasil memaksa United mundur lebih ke belakang untuk meredam serangan membabi buta mereka. Pada menit ke-75 Zoran Tosic ditarik keluar dan digantikan oleh Filip Stefanovic untuk menambah daya gedor tuan rumah.

Di menit ke-83, meneruskan umpan dari sepak pojok, Partizan kembali mendapatkan peluang emas setelah Asano menanduk bola dengan sempurna. Namun lagi-lagi bola berhasil ditepis oleh Sergio Romero. Dua menit berselang Natcho mengancam melalui tembakan melengkung dari luar kotak penalti, tapi bola masih melambung di atas gawang Romero.

Hingga menit terakhir, Partizan terus menerus menggempur gawang MU. Namun kedudukan 1-0 tidak berubah untuk keunggulan tim tamu.

Berkat kemenangan ini Manchester United naik ke puncak klasemen sementara grup L dengan raihan tujuh poin. Ini merupakan kemenangan tandang pertama Manchster United sejak bulan Maret lalu.

Berikut susunan pemain Partizan Belgrade vs Manchester united :

Partizan Belgrade (4-4-2): Stojkovic; Urosevic, Pavlovic, Ostojic, Miletic; Tosic, Natcho, Zldjelar, Soumah; Asano, Sadiq

Manchester United (3-4-1-2): Romero; Rojo, Maguire, Jones; Willams, Garner (Pereira 81'), McTominay, Wan-Bissaka (James 60'); Mata; Martial (Rashford 60'), Lingard

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Aug 2020 15:27 WIB

Target 13 Kemenangan, PDIP Jatim: Harus Solid

Pilkada

Minta tidak ada saling iri antarindividu

11 Aug 2020 15:15 WIB

Kantongi Rekom dari Luar Partai, Gus Yani: Saya Masih Kader PKB

Pilkada

Usung perubahan untuk Gresik.

11 Aug 2020 15:09 WIB

Bos Media Hong Kong Ditangkap

Internasional

Menlu AS Mike Pompeo menyebut bos media itu, Jimmy Lay sebagai patriot.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...