Marc Marquez meraih juara keenamnya di MotoGP 2019 setelah menjadi yang tercepat di MotoGP San Marino. (Foto: Twitter/@
Marc Marquez meraih juara keenamnya di MotoGP 2019 setelah menjadi yang tercepat di MotoGP San Marino. (Foto: Twitter/@
MotoGP San Marino 2019

Marc Marquez Kian Dekati Gelar Juara Dunia ke-6

Ngopibareng.id MotoGP 15 September 2019 20:13 WIB

Marc Marquez berhasil menjadi yang tercepat di MotoGP San Marino 2019. Pembalap Repsol Honda itu mengalahkan Fabio Quartararo yang akhirnya finis di posisi kedua. Ia membukukan catatan waktu 25,163 detik. Unggul 0.903 detik dari Quartararo.

Maverick Vinales yang memulai balapan dari posisi pole melakukan start dengan sempurna dan unggul atas Quartararo dan Franco Morbidelli. Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi ketujuh hampir bersenggolan dengan Andrea Dovizioso.

Lap pertama diselesaikan Vinales dengan berada posisi terdepan, disusul Quartararo dan Marquez. Marquez sempat kesulitan di awal start, tapi mampu naik dua posisi setelah lap pertama ke posisi tiga.

Namun tak butuh waktu lama bagi pembalap asal Spanyol itu untuk terus merangsek ke depan. Perubahan posisi pun terjadi di lap ketiga ketika Quartararo menyalip Vinales di tikungan sepuluh. Satu lap kemudian giliran Marquez yang mengambil posisi Vinales di tempat yang sama.

Vinales seperti kehilangan cengkeraman, ia semakin mundur dan tak mampu mengejar dua pembalap terdepan. Memasuki lap ketujuh, Quartararo dan Marquez mulai jauh meninggalkan Vinales.

Persaingan sengit antara Quartararo dan Marquez mulai terjadi di lap sembilan. Marquez tidak membiarkan pembalap 20 tahun itu memimpin dengan nyaman setelah hanya terpaut 0,2 detik.

Memasuki lap ke-17, Rossi akhirnya berhasil menyalip Morbidelli untuk menempati posisi keeempat. Sayang, The Doctor harus mengejar Vinales yang unggul hampir enam detik di depannya untuk bisa mendapatkan finis podium.

Hingga balapan menyisakan lima lap, Quartararo berhasil mempertahankan posisi terdepan dan tidak melakukan kesalahan. Namun Marquez tak tinggal diam. Marquez tidak membiarkan Quartararo sendirian di depan. Marquez tetap berambisi membatalkan kemenangan pertama Quartararo pada ajang MotoGP.

Untuk kali ketiga beruntun musim ini setelah di Austria dan Inggris, pemenang balapan ditentukan pada lap terakhir. Memasuki lap terakhir Marquez berhasil melewati Quartararo di jalur lurus.

Quartararo sempat kembali mengambil posisinya di tikungan keempat. Namun, Marquez sukses melewati Quartararo di tikungan enam. Peluang terakhir Quartararo untuk melewati Marquez adalah di tikungan ke-14, tapi El Diablo melakukan kesalahan.

Marquez pun berhasil memenangi balapan MotoGP San Marino 2019. Kemenangan ini semakin mendekatkan Marquez dengan gelar juara.

Total, Marquez menang tujuh kali di MotoGP 2019 dan lima kali finis sebagai runner-up. Marquez hanya sekali gagal finis ketika MotoGP Austin, Amerika Serikat.   

Hasil MotoGP San Marino 2019:

1. M. MARQUEZ 42 menit 25,163 detik
2. F. QUARTARARO +0.903 detik
3. M. VINALES +1.636 detik
4. V. ROSSI +12.660 detik
5. F. MORBIDELLI +12.774 detik
6. A. DOVIZIOSO +13.744 detik
7. P. ESPARGARO +20.050 detik
8. J. MIR +22.512 detik
9. J. MILLER +26.554 detik
10. D. PETRUCCI +31.456 detik

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Feb 2021 22:35 WIB

Petronas Rilis Motor Rossi dan Morbidelli Awal Maret

MotoGP

Tunggangan Rossi dan Morbidelli segera dirilis.

22 Feb 2021 21:29 WIB

Repsol Honda Rilis Motor dan Duet Marquez dan Espargaro

MotoGP

Repsol Honda Rilis duet Marquez dan Espargaro.

21 Feb 2021 15:31 WIB

Taka Nakagami Santai Meski Bradl Lebih Dulu Jajal Motor Baru

MotoGP

Ia lebih berpikir apa yang dilakukan Bradl untuk kebaikan Honda.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...