Marc Marquez Juarai MotoGP Catalunya, Rossi Gagal Finis

16 Jun 2019 20:08 MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sukses menjuarai balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu 16 Juni 2019.

Kemenangan Marquez dipermulus insiden pada lap kedua yang membuat empat pesaingnya Andrea Dovizioso, Valentino Rossi,, Maverick Vinales, serta Jorge Lorenzo terjatuh dan gagal finis.

Posisi runner up ditempati pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Dia berhasil memenangi duel sengit melawan rider Ducati, Danilo Petrrucci, yang harus puas di podium ketiga. Bagi Quartararo, ini menjadi podium pertamanya di ajang MotoGP.

Pembalap Suzuki, Alex Rins, sempat melebar dari lintasan, tapi berhasil finis keempat. Komposisi lima besar dilengkapi oleh Jack Miller.

Pada balapan ini, Andrea Dovizioso melakukan start dengan bagus. Start dari posisi kelima, dia langsung menyodok ke depan. Adapun Fabio Quartararo yang menempati pole lagi-lagi gagal start dengan bagus sehingga disalip Marquez dan juga Vinales.

Namun, insiden fatal terjadi pada lap kedua yang membuat komposisi di baris terdepan berubah total. Insiden di Tikungan 10 itu berawal dari Jorge Lorenzo yang kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Motor Lorenzo yang tergelincir menyenggol Dovizioso dan Vinales sehingga ikut terjatuh. Valentino Rossi juga kena imbas sehingga melebar keluar lintasan. Keempat pembalap tersebut gagal meneruskan balapan.

Insiden tersebut membuat Marquez nyaman memimpin di depan. Dia diikuti Danilo Petrucci, Alex Rins, dan Quartararo. Rombongan tersebut awalnya berjarak rapat, namun perlahan Marquez melebarkan jarak.

Setelah itu, Marc Marquez benar-benar melaju sendirian tanpa gangguan para rivalnya. Alhasil, yang tersisa hanya perebutan posisi runner-up. (wit)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini