Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

Marak Kasus Skimming, Ini Himbauan Polisi

Ngopibareng.id Jawa Timur 21 March 2018 10:09 WIB

Kasus skimming atau penggandaan kartu ATM kini kian marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Namun tak sedikit pelaku yang terlibat dalam tindak kriminal ini juga mulai diringkus oleh pihak kepolisian.

Meski begitu, masyarakat tampak harus lebih berhati-hati agar tak terjerat kasus tersebut. Untuk ini, Kepolisian Provinsi Jawa Timur juga tengah berupaya memberantas kasus serupa.

Namun, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melakukan transaksi lewat ATM.

"Pemerintahan sudah ambil langkah, ini kriminal bukan ada hal-hal yang lain, yang dilakukan orang asing juga ada. Sudah ditangkap Mabes Polri seperti di Kediri," ujar Machfud Arifin di Polda Jatim.

Tak hanya itu saja, Machfud juga turut mengimbau kepada seluruh warganya, agar selalu berhati-hati dengan modus skimming ini.

"Skimming, sudah lapor ke banknya, bisa diselesaikan. Harus hati-hati bila dibilang hubungi bank ini dan ditelepon orang mengaku dari bank waspada untuk tidak dilayani," ucapnya.

Hingga saat ini, kata Kapolda Jatim, skimming sudah memasuki kawasan Surabaya dan Kediri. Namu, pihaknya tak mau berdiam diri, kini tim Polri tengah melakukan pendalaman terkait kasus-kasus seperti ini. Supaya tidak melebar ke daerah lainnya. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Nov 2020 23:48 WIB

HUT Korpri ke-49, Khofifah Minta ASN Terus Berinovasi

Pemerintahan

Minta inovasi hadapi perubahan global di tengah pandemi Covid-19.

29 Nov 2020 23:14 WIB

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj Positif Covid-19

Nasional

Hasil tes PCR KH Said Aqil Siraj dinyatakan positif covid-19.

29 Nov 2020 22:35 WIB

Sinopsis Exposed: Perjalanan Rumit Membongkar Korupsi Polisi

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Exposed malam ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...