Prosesi pemakaman Saman Gunan secara militer.
Prosesi pemakaman Saman Gunan secara militer.

Mantan Penyelam Militer Tukar Nyawa dengan 13 Orang Tim Sepak Bola di Gua Thailand

Ngopibareng.id Internasional 12 July 2018 17:00 WIB

Kisah heroik terselip dalam penyelamatan 12 remaja dan 1 pelatih sepakbola dari Tim Moo Pa (Wild Boars) atau Babi Hutan, yang terjebak dalam kompleks gua Tham Luang di Thailand. Seorang penyelam meninggal dunia demi memastikan mereka selamat.

Penyelam itu bernama Saman Gunan (38). Dia adalah mantan penyelam Angkatan Laut Thailand yang terakhir berpangkat sersan mayor. Meski sudah mengundurkan diri dari angkatan laut, Saman secara sukarela kembali bergabung dengan rekan-rekannya dalam operasi SAR di gua tersebut.

Saman hilang kesadaran lalu tenggelam saat hendak keluar dari Gua Tham Luang setelah mengirim pasokan perbekalan untuk kelompok remaja tersebut.

Kematian Saman menjadi bukti betapa berbahayanya gua tempat 13 orang itu terjebak. Kompleks gua Tham Luang tersebut ibarat sistem labirin dengan celah beragam ukuran.

Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Aksi penyelam saat melakukan misi penyelamatan tim sepak bola Moo Pa di gua Tham LuangAksi penyelam saat melakukan misi penyelamatan tim sepak bola Moo Pa di gua Tham Luang.

Jenazah Salman dimakamkan di sebuah kuil di provinsi Rot Et. Bendera Thailand diletakkan di atas peti matinya.

Keluarga Saman lalu bicara soal sosok pria tersebut. Sang istri menceritakan bagaimana Saman selalu mengungkapkan rasa cintanya.

“Saman pernah mengatakan kita tidak akan pernah tahu kapan kita meninggal. Kita tidak bisa mengontrolnya. Jadi, kita harus menikmati setiap harinya,” kata istri Salman, Waleeporn Gunan kepada BBC.

Ekspresi kesedihan keluarga Saman GunanEkspresi kesedihan keluarga Saman Gunan.

Rasa duka tidak bisa disembunyikan Waleeporn. Kenangan akan sosok sang suami yang ringan tangan membantunya meredam rasa sedih itu.

“Dia dipuji sebagai pahlawan atas apa yang sudah dia lakukan. Dia suka membantu orang lain dan melakukan kegiatan amal. Saya menggunakan kebanggaan itu untuk mengatasi rasa sedih saya,” ucapnya.

Tim sepak bola Moo Pa Wild Boars atau Babi HutanTim sepak bola Moo Pa (Wild Boars) atau Babi Hutan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2018 06:08 WIB

Gua di Thailand Akan Jadi Museum Penyelamatan Tim Sepak Bola dan Difilmkan

Internasional

Kompleks Gua Tham Luang Chiang Rai, Thailand akan dijadikan museum untuk mengenang misi penyelamatan dramatis 12 anak remaja dan pelatih bolanya yang terperangkap selama dua minggu.

12 Jul 2018 17:32 WIB

PM Thailand: Cara Penyelamatan 13 Orang Tim Sepak Bola Diberi Obat Penenang

Internasional

Detail soal operasi penyelamatan 12 remaja Thailand dan pelatih sepakbola yang terperangkap di gua Tham Luang mulai terkuak. Para remaja itu lebih dulu diberi obat penenang dan ditandu saat dievakuasi

11 Jul 2018 17:33 WIB

Prasasti Kemanusiaan di Gua Tham Luang

Tarbiyah Cinta

Mereka tak harus membalas budi kepada orang-orang yang menolong mereka secara langsung, karena budi semacam itu tak mungkin dibalas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...