Mantan Penyanyi Cilik Tina Toon Jadi Anggota Dewan

13 Aug 2019 08:11 Selebriti

Tina Toon pernah terkenal lewat lagu anak-anak berjudul 'Bolo-Bolo' di era tahun 1990-an. Ia juga tenar berkat ciri khasnya gerakan leher dan kepalanya. Waktu pun berlalu, usia Tina Toon sudah menginjak 25 tahun. Tak ada yang menduga jika lulusan S2 ini memilih terjun ke dunia politik.

Pemilik nama asli Agustina Hermanto ini menjadi calon Legislatif (Caleg) DPRD DKI Jakarta dari Partai PDI Perjuangan (PDIP). Sebelumnya, ia merupakan anggota Banteng Muda Indonesia, yang merupakan organisasi kepemudaan dari PDIP.

Kerja keras Tina Toon sebagai politikus pun membuahkan hasil. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan nama Tina Tool dalam 106 anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, pada Senin 12 Agustus 2019.

"Dengan demikian nama calon terpilih kita tetapkan secara bersama-sama," ujar Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos saat memimpin rapat pleno di Hotel Merlynn, Petojo, Jakarta Pusat.

Tina Toon yang lolos dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Jakarta Utara itu mampu bersanding dengan orang-orang di lingkaran politikus. Tina Toon termasuk dalam 59 orang atau 55,6 persen wajah baru di DPRD DKI Jakarta bersanding dengan anak-anak dan keponakan para petinggi partai politik (parpol).

"Mudah-mudahan ke depannya saya bisa amanah, membawa sesuatu yang baik untuk konstituen di dapilku dan warga Jakarta secara keseluruhan," tutur Tina Toon.

Perempuan kelahiran 20 Agustus 1993 ini terbilang baru dalam panggung politik. Namun di dunia tarik suara, nama Tina Toon melejit lewat lagu anak-anak yang dipopulerkanya berjudul Bolo-bolo.

Anak dari pasangan Aan Hermanto dan Megawati ini mengawali karirnya sebagai penyanyi dengan merekam sejumlah karya pada 1998. Namun, di tengah recording studio karyanya gagal dipublikasikan akibat kerusuhan 1998.

Peristiwa itu membuat Tina Toon masuk ke sanggar milik Papa T. Bob. Adalah Papa T. Bob sendiri yang memberi nama panggung pemilik nama asli Agustina Hermanto ini menjadi Tina Toon.

Setelah diasuh Papa T Bob, perempuan yang masih lajang itu berturut-turut merilis album Bolo-Bolo (1999), Siram (2000), Goyang Tina Toon (2001), Arti Bolo-Bolo (2003), dan I Love Music (2008).

Setelah dikenal sebagai penyanyi cilik, Tina Toon menjajal dunia layar lebar pada 2004. Awal karirnya menjadi bintang film dimulai saat membintangi film komedi berjudul Tina Toon dan Lenong Bocah The Movie. Sebagai artis cilik, dia mampu bersanding dengan aktris kawakan Ria Irawan, Ingrid Widjanarko, Vicky Burky, Alicia Johar, dan musisi Piyu Padi.

Selain itu, Tina Toon sempat mencoba seni teater ketika didaulat membintangi teater musikal bertajuk Bawang Merah dan Bawang Putih. Pertunjukan teater itu juga dimeriahkan Rachel Maryam dan Dian Sastrowardoyo.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini