Mantan ketua KPU Eks Ketua KPU Kabupaten Kediri Ramaikan Bursa Pilbup 2020

07 Sep 2019 17:26 Politik

Mantan Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Kediri periode 2014-2019 Sapta Andaru meramaikan bursa Pemilihan Bupati 2020. Diantar sejumlah para pendukungnya, Sapta mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan Sabtu, 7 September 2019 Siang.

Diantaranya sejumalah mantan petugas PPK (Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan), pegiat anti korupsi, dan sejumlah orang dari perwakilan partai.

Dalam keteranganya, Sapta Andaru mengatakan, latar belakang dirinya ikut maju dalam Pemilihan Bupati 2020 karena ia mengiginkan adanya semangat perubahan dan pembaharuan ke arah pembangunan ekonomi yang lebih baik.

"Saya ingin berjuang bersama rakyat, ini tentunya mengiginkan suatu perubahan dan pembaharuan agar warga Kediri lebih maju sejahtera dan juga makmur. Ini yang kita harapkan untuk semangat saya bisa maju dalam Pilkada nanti," Paparnya.

Sapta Andaru mengungkapkan, alasanya memilih PDI-P sebagai kendaraan politik lantaran partai tersebut dirasa cukup mampu memberangkatkan sendiri calonnya tanpa harus melibatkan atau berkoalisi dengan partai lainya.

"Kebutuhan untuk memberangkatkan 20 persen, dari jumlah kursi DPRD. Tentunya ini kebetulan minimalnya adalah 10 kursi. Sementara PDI -P memiliki 15 kursi. Saya pandang ini langkah yang sudah tepat. Saya niati untuk bisa maju bersama rakyat, dan mudah-mudahan Allah bisa mengijabahi apa yang menjadi doa dan harapan kami," harapnya. 

Lebih lanjut Sapta mengaku, jika sampai sekarang dirinya masih belum bisa menentukan siapa calon pasangan yang ikut mendampinginya maju. Ia menginginkan agar lebih fokus mengikuti proses penjaringan dulu, karena dirinya masih harus berkompetisi dengan bakal calon lainya untuk mendapatkan rekom.

"Ini masih berproses dan tentunya nanti akan kita ikuti dan patuhi mekanisme yang dilakukan oleh PDI -P," tandasnya.

Sapta berkomitmen ia tidak akan mengambil formulir dari partai mana pun untuk mendapatkan rekom, dan hanya di PDI- P. Apabila nanti jika dirinya tidak diberi rekomendasi, ia tidak akan mencari rekom ke partai lainnya.

"Tidak (minta rekom ke partai lain), saya hanya PDI-P saja," terangnya.

Dalam proses penjaringan nantinya, Sapta akan bersaing dengan sejumlah pejabat aktif di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri yang sudah lebih dulu mengambil formulir di kantor DPC PDI-P, semacam Wakil Bupati Kediri, Masykuri, dan Kepala Kesbanglinmas, Mujahid.

 

"Ya, saya tidak berangkat dari siapa-siapa, tetap saya niati. Dan kekuatan kita hanya Allah SWT." Kata Sapta. Diketahui jika DPC PDI-P Kabupaten Kediri, sementara waktu ini menerima lima pendaftar bakal calon (Balon) bupati dan satu bakal calon wakil bupati (Bacawabup) yang sudah mengambil formulir pendaftaran.(fen)

Penulis : Fendhy Plesmana
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini