Istighotsah Kubro di Gelora Delta Sidoarjo, 2018. (foto: ngopibareng.id)

Manifestasi Cinta Terhadap Bangsa, Ini Pesan Istighotsah Kubro

Khazanah 29 October 2018 03:25 WIB

Ustadz Ilham Zubair Nawawi, mengingatkan, stabilitas dan kondusivitas bangsa dan negara ini merupakan syarat mutlak terlaksananya kenyaman beraktivitas. Baik dalam aspek ibadah, maupun mu'amalah.

“Karena sangat mustahil kita bisa beraktifitas dengan aman dan nyaman, baik yang menyangkut vertikal kepada Allah, maupun yang horizontal kepada sesama manusia, jika bangsa dan negara ini terancam keamanannya,” pesan juru dakwah dari Wiyung Surabaya.

Berikut tausiyah lanjutan Ustadz Ilham Zubair Nawawie:

Oleh karenanya, guna terlaksananya hablun minallah dan hablun minannas, maka menjaga stabilitas dan kondusifitas bangsa ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa.

Di samping itu, nasionalisme merupakan doktrin yang telah tekankan oleh Guru dan panutan kita Hadlratussyaikh KH.M. Hasyim Asy'ari. Sebagaimana dawuh beliau:

         حب الوطن من الايمان

"Cinta tanah air adalah sebagian dari iman".

"Salah satu bukti nasionalisme kita kepada bangsa ini adalah, saling menghargai sesama, mengedepankan etika, tidak saling fitnah, mengadu domba, menebar kebencian, dan senantiasa menggelar doa bersama guna keamanan dan keselamatan bangsa."

Salah satu bukti nasionalisme kita kepada bangsa ini adalah, saling menghargai sesama, mengedepankan etika, tidak saling fitnah, mengadu domba, menebar kebencian, dan senantiasa menggelar doa bersama guna keamanan dan keselamatan bangsa.

Menggelar istighotsah kubro merupakan manifestasi rasa cinta kita kepada bangsa dan negara. Sebab dalam acara tersebut terdapat doa yang dipanjatkan bersama-sama kepada Allah swt. guna memohon supaya bangsa dan negara ini tentram, aman dan sejahtera

Oleh karenanya, kalau tidak ada udzur syar'i, sebagai seorang muslim tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menghadiri acara Istighotsah Kubro Untuk Keselamatan dan Persatuan Bangsa besok.

Hal tersebut kita lakukan sebagai wujud rasa cinta kita kepada bangsa, menuju Indonesia sejahtera, aman, tentram, damai dan sentosa.

Wallahu a'lam bisshawab.

 

   اللهم اعناعلى ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

              اللهم صل على سيدنامحمد

 

*)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Feb 2020 17:35 WIB

Polisi Grebek Industri Obat Kuat Ilegal

Kriminalitas

Industri obat kuat tersebut sudah berjalan dua tahun.

24 Jan 2020 03:03 WIB

Psikologi Felix Siauw, Ini Renungan Ulil Abshar Abdalla (1)

Khazanah

Renungan setelah Felix Siauw kritik jilbab Nyai Sinta Nuriyah

06 Jan 2020 12:11 WIB

TNI Gak Mau Terpancing Provokasi China di Natuna

Nasional

TNI tidak mau terpancing provokasi kapal China yang masuk perairan Natuna.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.