WS tertangkap kamera sedang meludahi mangkuk baksonya, Senin lalu di perumahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. (Foto:istimewa)

Mangkuk Bakso Diludahi, Kata Pedagangnya, Biar Laris

Kriminalitas 26 June 2020 18:20 WIB

WS, 21 tahun, pedagang bakso siomai atau cuanki, saat ini diperiksa di Polsek Kembangan Jakarta Barat.

Dia ditangkap CCTV warga  perumahan di Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, Senin 22 Juni lalu, ketika sedang meludahi mangkuknya sebelum diantar ke pemesan.

Kepada polisi, WS mengakui perbuatannya itu dilakukan agar dagangannya laris.

"Ajaran tersebut dilaksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung. Adapun tujuan pelaku untuk mendapatkan pelaris/laku saat berjualan bakso," ujar Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan, di Jakarta, Jumat.

Imam mengatakan WS mendapatkan ajaran tersebut dari sang guru spiritual di kampung halamannya, di Garut, Jawa Barat.

Imam menjelaskan, peristiwa itu terjadi di sebuah komplek perumahan di Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat pada Senin lalu sekitar pukul 17.52 WIB.

Pembeli bakso cuanki, Nur Hikmah, memesan bakso kepada WS yang kebetulan lewat di depan rumahnya. Saat menunggu bakso pesanannya, perempuan berusia 28 tahun itu memantau CCTV yang terpasang di depan rumahnya.

"Pada saat melihat monitor CCTV Nur Hikmah melihat WS pedagang bakso gerakannya mencurigakan karena tidak segera membuat pesanan dan seperti menengok-nengok ke arah kanan kiri jalan," kata Imam.

Curiga dengan gerak-gerik WS, Hikmah terus memperhatikannya melalui layar monitor. Kemudian, WS tampak meludahi mangkok bakso.

"Dia melihat pedagang bakso meludahi mangkok bakso pesananya dari monitor CCTV, karena merasa takut kalau tukang baksonya tidak terima ditegur. Kemudian Nur Hikmah hanya diam dan menerima bakso pesanannya," kata dia.

Oleh Hikmahbakso yang sudah dibayar itu dibuang itu ke toilet rumahnya.

Selanjutnya, rekaman CCTV yang menunjukkan aksi WS itu ia rekam kembali dan disebar ke grup WhatsApp miliknya dengan maksud memperingatkan tetangganya agar berhati-hati saat membeli bakso. Video itu kemudian jadi viral, dan WS pun diamankan di Polsek Kembanga,

Dalam rekaman video berdurasi 34 detik yang viral itu, terlihat WS sedang menyiapkan bakso pesanan pembeli.

Mangkuk berisi bakso tersebut kemudian diletakkan di atas meja dagang. Tangan pria tersebut menaburkan sesuatu ke mangkuk lainnya.

Tak lama usai melirik kanan kiri untuk melihat lingkungan di sekitar, pedagang itu tampak mengambil mangkuk dan mengarahkan mangkuk itu ke mulutnya.

Nur Hikma mengaku pertama kali membeli bakso cuanki tersebut, setelah beberapa tetangganya yang membeli dagangan tukang bakso cuanki tersebut.

Namun dirinya tak menyangka, rekaman CCTV yang hanya dibagikan pada grup tetangganya agar mereka lebih waspada, menjadi viral di berbagai media sosial.

"Saya sendiri tidak tahu siapa tukang bakso cuanki tersebut," ujar dia.

Sebelumnya, rekaman CCTV tukang bakso cuanki tersebut juga  dibagikan oleh akun instagram @manaberita, Selasa 23 Juni. (ant/asm)

 

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 16:55 WIB

Datangi Pantai dan Kampung Nelayan, Polantas Bagikan Masker

Jawa Timur

Tak jemu selalu mengingatkan warga agar pakai masker saat keluar rumah.

20 Sep 2020 16:39 WIB

Walikota Jambi dan Keluarga Positif Covid-19

Nasional

Walikota Jambi dan keluarga positif Covid-19 jalani isolasi mandiri.

20 Sep 2020 16:23 WIB

Update Corona Indonesia: Tambah 3.989 Kasus Baru

Nasional

Tambah 3.989 kasus baru, total positif corona 244.676 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...