Manchester City Gagal Melaju ke Semifinal

18 Apr 2019 04:13 Liga Champions

Manchester City gagal lolos ke semifinal Liga Champions 2018/2019 usai kalah agresivitas gol tandang melawan Tottenham Hotspurs.

Pada Leg kedua City menang 4-3 atas Spurs. Namun kemenangan itu sia-sia usai di leg pertama City kalah 0-1. Berkat tiga gol tandang, Spurs pun melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Bermain di Etihad Stadium City langsung menekan Tottenham di awal laga. Hasilnya saat laga berusia 3 menit City berhasil mencetak gol melalui Raheem Sterling. Menerima umpan dari De Bruyne, Sterling melepaskan sepakan melengkung yang bersarang di pojok gawang Hugo Lloris. 1-0 City unggul.
 
Tottenham langsung merespon gol City. Hanya selang 4 menit Heung Min-Son berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari kesalahan bek City yang gagal menghalau bola liar, Son langsung mencocor bola ke gawang Ederson. 
 
Son benar-benar menjadi mimpi buruk bagi pertahanan City di awal laga. Hanya selang tiga menit dari gol pertamanya, dia kembali membobol gawang City. Kali ini melalui sepakan melengkung yang bersarang di pojok atas gawang City. 2-1 Hotspur berbalik unggul. 
 
Namun City langsung merespon semenit kemudian. Kali ini Bernadao Silva yang berhasil mencetak gol. Berawal dari kerja sama satu dua dengan Sergio Aguero, Bernado menyontek bola yang membentur pemain Spurs, bola berbelok arah dan mengelabui penjaga gawang Spurs. 2-2 City Menyamakan kedudukan.
 
Setelah gol ini City semakin bernafsu menyerang. Di menit ke-21 City kembali unggul melalui gol Sterling. De Bruyne yang menusuk di sisi kanan memberi umpan matang ke Sterling yang berdiri bebas, tanpa kesulitan pemain Timnas Inggris ini membobol gawang Lloris untuk kali kedua. 
 
Setelah gol tersebut kedua tim saling silih berganti menyerang. Namun tidak ada gol tambahan hingga babak pertama usai.
 
Usai jeda anak asuh Pep Guardiola langsung menekan pertahanan Spurs. Sepakan De Bruyne di menit ke 52 berhasil digagalkan oleh Lloris.
 
Peluang dari Aguero juga berhasil digagalkan oleh Lloris menit ke-55. 
 
City akhirnya mencetak gol di menit ke-59. Aguero kali ini mencatatkan namanya di papan skor. Umpan manis De Bruyne berhasil dia manfaatkan melalui sepakan keras yang gagal dijangkau oleh Lloris. 4-2 City menjauh.
 
City masih terus mendominasi laga, namun The Citizen belum bisa menambah pundi-pundi gol. Sementara Hotspur bermain bertahan dan sesekali melakukan serangan balik.
 
Hotspur akhirnya berhasil membungkam publik Manchester usai mencetak gol untuk memperkecil keadaan. Menit ke-70 berawal dari tendangan penjuru, Fernando Llorente berhasil meneruskan bola melalui pinggangnya.
 
Bola sempat menyentuh tangah bek City, Aymeric Laporte. Wasit sempat meninjau VAR namun pada akhirnya tetap mengesahkan gol Llorente. 
 
City yang harus mencetak gol agar bisa lolos ke semifinal bermain menyerang di sisa laga. Guardiola memasukkan Leroy Sane sementara Mauricio Pochetino memasukkan dua bek Ben Davies dan Davinson Sanchez untuk memperkuat lini pertahanan.
 
Drama terjadi di akhir laga saat City berhasil mencetak gol melalui Sterling. Aguero yang memberi umpan ke Sterling berada di posisi offside sebelum menerima bola muntah dari Guendongan. Wasit menggunakan VAR untuk menganulir gol ini. 
 
Hingga laga berakhir skor 4-3 untuk kemenangan City bertahan. Namun berkat agresivitas gol tandang Tottenham melaju ke babak semifinal usai di leg pertama menang 1-0 di Tottenham Stadium. Di babak semifinal Spurs akan bertemu wakil Belanda Ajax Amsterdam. (faiq)
Drama terjadi di akhir laga saat City berhasil mencetak gol melalui Sterling. Aguero yang memberi umpan ke Sterling berada di posisi offside sebelum menerima bola muntah dari Guendongan. Wasit menggunakan VAR untuk menganulir gol ini. 
Reporter/Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini