Mana yang Benar, Ramadan, Ramadhan, atau Romadhon?

19 May 2018 12:20

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Meski dari kecil kita sudah mengenal Bahasa Indonesia, namun belum tentu dari kita semua paham benar dengan Bahasa Indonesia. Taruhlah contoh setiap memasuki bulan puasa atau sering disebut dengan Ramadan seperti sekarang ini. Dalam keseharian, kita menjadi sering menuliskan Bulan Ramadan.

Kelihatannya sepele, namun seringkali kita menjadi kebingungan saat akan menuliskan Ramadan. Apakah Ramadhan, Ramadan, Romadhon, Ramadlan dan sebagainya. Bagaimanakah menuliskan kata serapan dari Bahasa Arab ini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI).

Ternyata, berdasarkan akun instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud.ri), mereka menyebut jika penulisan ramadan yang benar adalah ramadan, tanpa huruf H. kemdikbud.ri#SahabatDikbud , penulisan yang benar berdasarkan KBBI adalah "ramadan", ya. 😊👍

Tapi ternyata ada juga warganet yang mengkritik jika Ramadan dituliskan dengan tanpa huruf H, maka maknyanya akan berbeda. Ramadan dalam Bahasa Arab menurut dia adalah sakit mata.

tricskster742Tapi menurut kaidah bahasa arab arti ramadan itu orang yang sakit mata hampir buta

hepi_008ramadan (tanpa huruf h) artinya sakit mata atau mata mau buta.. masa bulan yg suci di sebut bulan sakit mata..???

mr.iky021@hepi_008 setuju .... mungkin kemendikbud.ri harus berdiskusi dulu dengan para habaib & ulama serta kiai baru hasil diskusi baru di kasihkan ke @kemenag_ri