Man City Terlalu Perkasa Untuk Tuan Rumah Shakhtar Donetsk

19 Sep 2019 05:40 Liga Champions

Manchester City mengawali petualangan mereka di Liga Champions 2019-20 dengan sempurna usai mengandaskan Shakhtar Donetsk tiga gol tanpa balas dalam laga matchday pertama fase grup yang dihelat di Stadion Metalist, Kamis, 19 September 2019 dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Manchester City masing-masing dicetak oleh Riyad Mahrez dan Ilkay Gundogan pada babak pertama serta Gabriel Jesus pada paruh kedua pertandingan.

Meski menang, tapi Manchester City harus puas duduk di peringkat dua klasemen Grup C karena pada laga lainnya, Dinamo Zagreb sukses menghajar Atalanta dengan skor 4-0.

Tampil di kandang musuh tak membuat Manchester City gentar. Manajer City Pep Guardiola menempatkan Fernandinho sebagai bek tengah berduet dengan Nicolas Otamendi, menyusul cedera yang memaksa John Stones absen kemarin.

Fernandinho dan Otamendi tak menghadapi pekerjaan berat lantaran Shakhtar kesulitan mengembangkan permainan mereka terutama dari sektor tengah dan lebih banyak mengeksploitasi area sayap. Pasukan Pep Guardiola langsung mendominasi penguasaan bola sejak kick-off.

Meski demikian, City baru bisa membuka keunggulan ketika laga berjalan 24 menit. Tembakan Gundogan masih digagalkan tiang gawang, tapi bola rebound sukses dicocor Mahrez menjadi gol.

Kombinasi Gundogan dan Mahrez kembali membuahkan gol bagi Manchester City, tepatnya pada menit ke-38. Assist Mahrez sukses dituntaskan Gundogan untuk membobol gawang Andriy Pyatov. Skor 2-0 bagi keunggulan tim tamu bertahan hingga turun minum.

Semenit jelang turun minum Shakhtar sempat menciptakan peluang saat Moraes lolos dari jebakan offside, namun ia gagal menaklukkan kiper Ederson dalam situasi satu lawan satu.

Kembali dari kamar ganti, City belum mau mengendurkan tekanan mereka. Delapan menit memasuki babak kedua, tiang gawang kembali memainkan perannya dalam pertandingan. Tembakan Raheem Sterling menyambar bola muntah hasil tendangan Guendogan yang tak mampu diantisipasi sempurna kiper Andiry Pyatov hanya membentur tiang gawang.

City sempat mencetak gol lewat aksi Nicolas Otamendi pada menit ke-63. Sayang gol ini dianulir karena dalam prosesnya, Sterling sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Dominasi City berlanjut dan pada menit ke-76 sebuah umpan terobosan kiriman Kevin de Bruyne berhasil dikejar Jesus yang dengan tenang mengecoh Pyatov menggunakan tembakan mendatar ke sudut kanan gawang untuk memperbesar keunggulan tim tamu 3-0. Skor tersebut bertahan hingga laga usai. 

Susunan pemain:

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov; Sergiy Bolbat, Sergey Kryvtsov, Mykola Matvyenko, Ismaily; Taras Stepanenko, Alan Patrick (Marcos Antonio); Marlos Bonfim, Taison, Manor Solomon (Yevhen Konoplyanka); Moraes (Dentinho)

Pelatih: Luis Castro

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker (Joao Cancelo), Nicolas Otamendi, Fernandinho, Oleksandr Zinchenko; Ilkay Guendogan, Rodri Hernandez (Benjamin Mendy), Kevin De Bruyne (Bernardo Silva); Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Gabriel Jesus

Pelatih: Pep Guardiola

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini