MINTA MAAF: Mamah Dedeh ketika menyampaikan permintaan maaf di televisi. (foto: ngopibareng.id)

Mamah Dedeh Minta Maaf, al-Zastrouw: Jadi Teladan yang Salah Pahami Islam Nusantara

Khazanah 04 July 2018 20:05 WIB
"Mamah Dedeh bisa menjadi contoh dan teladan bagi orang maupun kelompok yang selama ini salah memahami Islam Nusantara," kata Zastrouw al-Ngatawi.

Cukup mengejutkan ketika daiyah Mamah Dedeh menyampaikan permohanan maaf atas kesalahannya memahami Islam Nusantara yang digagas Nahdlatul Ulama. Kelapangan hati ditunjukkannya secara nyata.

Permohoanan maaf tersebut dilakukan Mamah Dedeh melalui saluran salah satu televisi Indosiar dalam program Mamah dan Aa Beraksi.

Menanggapi permohanan maaf Mamah Dedeh, Dosen Pascasarjana Islam Nusantara Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta Ngatawi al-Zastrouw mengatakan, Mamah Dedeh bisa menjadi contoh dan teladan bagi orang maupun kelompok yang selama ini salah memahami Islam Nusantara.

“Itu (permohonan maaf Mamah Dedeh) bagus dan mestinya bisa menjadi contoh pihak lain yang salah memahami dan menyikapi Islam Nusantara,” ucap Zastrouw lewat pesan singkatnya, diterima ngopibareng.id, Rabu (4/7) di Jakarta.

Zastrouw alNgawati Zastrouw al-Ngawati

Menurut pria yang lekat dengan blangkonnya ini, persoalan setuju atau tidak setuju dengan Islam Nusantara, menurutnya tidak masalah. Tetapi jika sudah bersikap menista dan beropini menyesatkan tentang Islam Nusantara, hal itu yang perlu dihindari.

“Soal tidak setuju dengan Islam Nusantara itu sah-sah saja tapi menista dan menyesatkan Islam Nusantara itu yang harus dihindari,” jelasnya.

Pimpinan Grup Musik Religi Ki Ageng Ganjur ini mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Mamah Dedeh. Menurutnya, dia sudah berusaha bersikap baik atas segala pernyataannya tentang Islam Nusantara.

“Mamah Dedeh sudah bersikap secara baik dan tetap atas tindakan dan ucapannya yang salah terhadap Islam Nusantara,” tandas Zastrouw.

Video pernyataan Mamah Dedeh tentang Islam Nusantara kembali viral beberapa waktu lalu. Video tersebut sebenarnya beredar tahun 2015 lalu saat Mamah Dedeh menjadi salah satu juri di program Aksi Indosiar.

Dalam video tersebut Mamah Dedeh mengatakan, "Dan bahwa saya mengumumkan dari panggung Aksi Indosiar pada malam hari ini, siapa pun Anda di negeri tercinta ini, Allah SWT mengatakan, wama arsalnaka illa rahmatan lil' alamin, Nabi Muhammad diutus oleh Allah memberikan rahmat bagi segenap alam, bukan Islam Nusantara, bukan, coret itu (Islam Nusantara).” (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Jul 2020 10:45 WIB

LP Maarif NU Belum Ingin Gabung POP Meski Nadiem Minta Maaf

Nasional

Mendikbud Nadiem Makarim minta maaf kepada NU dan Muhammadiyah

26 Jul 2020 17:03 WIB

Ngamuk-ngamuk di Depan Umum, Suami Kim Kardashian Minta Maaf

Hiburan

Aku ingin minta maaf kepada istriku Kim, kata Kanye West.

09 Jul 2020 04:26 WIB

Mengungkap Kitab "Al-Yaqut An-Nafis", Pegangan Madzhab Syafii

Khazanah

Karya Abdullah Asy-Syathiri yang legendaris

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...