Dua siswa menutupi wajah mereka dengan masker di sebuah sekolah saat kabut asap menyelimuti Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat 13 September 2019. (Foto: Reuters/Lim Huey Teng)

Malaysia Evakuasi Mahasiswanya karena Asap

Nasional 24 September 2019 21:07 WIB

Pemerintah Malaysia membuat keputusan untuk melaksanakan proses evakuasi mahasiswa Malaysia dari kawasan-kawasan yang terkena dampak buruk bencana asap di Provinsi Riau dan Jambi, Indonesia.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri Malaysia, menyebutkan pada Selasa, proses evakuasi ini akan melibatkan mahasiswa Malaysia yang menuntut ilmu di daerah yang telah dinyatakan Darurat Pencemaran Udara oleh Pemerintah Republik Indonesia mulai 23 - 30 September 2019.

Keadaan asap di wilayah tersebut berada pada tahap yang sangat membimbangkan dengan jumlah Indeks Pencemaran Udara (IPU) antara 550 – 700 yaitu dalam kategori berbahaya.

Proses evakuasi ini akan dilaksanakan secara bersama oleh Kementerian Luar Negeri dan Badan Pengurusan Bencana Negara (NADMA) serta badan-badan lain yang berkaitan termasuk Majelis Keselamatan Negara (MKN) dan Kementerian Pendidikan Malaysia (KPM).

Saat ini terdapat sekira 300 orang mahasiswa Malaysia di Provinsi Riau dan Jambi.

Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta telah mengaktifkan Kantor Operasi bagi memastikan kelancaran proses evakuasi tersebut.

Penulis : Antara

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 07:26 WIB

Menara Eiffel Diancam Bom, Begini Evakuasi Polisi pada Turis

Internasional

Teror bom dari penelepon misterius

19 Sep 2020 11:45 WIB

Tim SAR Evakuasi Kru Helikopter PT NUH dari Pedalaman Paniai

Timur Indonesia

Para kru helikopter ditemukan selamat.

18 Sep 2020 09:40 WIB

Di Blitar, Mahasiswa UB Sulap Limbah Batok Kelapa jadi Pestisida

Pojok Unibraw

Limbah bisa meningkatkan perekonomian petani di Blitar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...