Malang Gawat Kebakaran, Ini Antisipasi Damkar

16 Jul 2019 19:04 Jawa Timur

Kebakaran sering menimpa Kota Malang akibat musim kemarau. Hal itu direspon petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan ke masyarakat terkait penanggulangan kebakaran.

Kepala Plt UPT Damkar Kota Malang, Antonio Viera, mengungkapkan, kebakaran sering terjadi ketika Kota Malang memasuki musim kemarau.

“Tiga sampai lima kali bisa seminggu pas musim kemarau ini,” ungkapnya.

Menurut Anton, sapaan akrabnya, menyampaikan, penyuluhan ini digelar, agar masyarakat bisa mengetahui cara untuk pencegahan kebakaran dan penanganan sejak dini.

“Jika telah terjadi kebakaran dan Damkar belum datang, masyarakat bisa melakukan pencegahan agar api tidak membesar dan merambat kemana-mana,” tuturnya, Selasa 16 Juli 2019.

Anton menjelaskan, pihaknya kesulitan untuk menjinakkan api. Pasalnya, sebagian besar titik kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk yang sulit untuk dijangkau mobil pemadam kebakaran.

Penyuluhan dan pelatihan penanggulangan kebakaran tersebut diadakan di Kantor UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, pada Selasa, 16 Juli 2019, siang tadi. Diikuti oleh 350 peserta, meliputi perwakilan masyarakat dari kelurahan se-Kota Malang.

Selain itu turut juga dihadiri Camat, Satpol PP, Lurah dan Linmas yang ada di Kota Malang. Di sisi lain, Priyadi, Kasatpol PP, yang juga turut menghadiri acara tersebut, menghimbau untuk semua pihak yang terlibat, baik masyarakat maupun stakeholder bisa berkolaborasi dan berkordinasi.

 “Kegiatatan ini sangat penting karena, sewaktu-waktu bencana bisa dating baik itu kebakaran, tanah longsor, maka dari itu kita (stakeholder) harus siap termasuk dengan masyakarakat. Jangan ketika ada bencana kita kebingungan,” tutupnya. (teo)

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini