Ketua Panitia Malang Fun Run, Doni Setiawan ketika sesi jumpa pers di Hotel Aria Gajayana, Kota Malang (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Malang Fun Run Tak Ingin Kejadian Surabaya Marathon Terulang

Jawa Timur 21 August 2019 20:18 WIB

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Malang dan Komunitas Lari Malang Raya (Kolamara) akan menggelar event Malang Fun Run pada 13 Oktober 2019 nanti. Berkaca dari insiden di Surabaya Marathon, panitia Malang Fun Run, pihak panitia akan memberikan fasilitas kesehatan bagi para peserta.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa waktu lalu even Surabaya Marathon menelan dua korban jiwa.

Dalam event lari internasional itu kedua korban dinyatakan meninggal setelah jatuh pingsan di lintasan lari Surabaya Marathon 2019 akibat serangan jantung.

Doni Setiawan, Ketua Penyelenggara (Kapel) Malang Fun Run mengungkapkan hal itu. Doni membeberkan, dalam even tersebut nantinya akan disediakan emergency kit untuk para peserta sehingga bisa mendapatkan pertolongan pertama sebelum ditangani tim medis.

"Tiap peserta juga akan diberikan asuransi kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Malang dan Dinas Kesehatan Kota Malang," tuturnya.

Doni juga melanjutkan, akan diadakan screening kesehatan peserta oleh panitia dan juga surat pernyaatan dari peserta, bahwa ia mengikuti even tersebut dalam kondisi prima.

Adapun rute yang akan ditempuh peserta pada even Malang Fun Run kali ini, yaitu sepanjang lima kilometer.

Dimulai dari Balai Kota Malang, lalu menuju Stadion Gajayana, Alun-Alun Kota Malang. Lanjut ke Kampung Wisata Jodipan dan balik lagi ke Balai Kota Malang.

Doni menjelaskan latar belakang diadakannya even Malang Fun Run tersebut dikarenakan melihat suksesnya even-even lari di Indonesia.

"Contohnya seperti di Bali, Jogjakarta dan Bandung itu sukses. Dengan adanya even lari dapat menaikkan pendapatan mereka,"  tuturnya.

Doni menargetkan dapat menjaring seribu peserta untuk mengikuti even Malang Fun Run nanti.

"Kita mulai melihat animo peserta dari luar kota banyak yang datang ke Malang. Waktu 1,5 bulan ini kita manfaatkan untuk menarik peserta," jelasnya.

Doni menargetkan, segmentasi peserta paling banyak berasal dari para komunitas pelari di Jawa Timur, kemudian para pelajar mulai dari SD sampai mahasiswa.

"Selain itu juga dari luar kota di Jawa Timur seperti Semarang dan Bali itu juga banyak komunitas larinya," terang Doni.

Pendaftaran Malang Fun Run dibuka mulai 20 Agustus hingga 30 September 2019, dengan kontribusi sebesar Rp 125 ribu untuk setiap peserta yang mendaftar.

Dengan kontribusi tersebut, nantinya para peserta akan mendapatkan kaus dan piagam penghargaan. 

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 May 2020 01:29 WIB

Anak Tenaga Kesehatan Covid-19 Dapat Prioritas di PPDB SMA/SMK

Pendidikan

Khofifah mengatakan itu sebagai bentuk apresiasi bagi tenaga kesehatan

28 May 2020 23:38 WIB

135 Tenaga Kesehatan di Jatim Terinfeksi Corona

Jawa Timur

Pemprov tak membuka data 135 orang tersebut secara gamblang.

28 May 2020 12:28 WIB

Protokol Kesehatan di Sektor Jasa dan Dagang Sambut New Normal

Nasional

Protokol Kesehatan di Sektor Jasa dan Perdagangan harus dipatuhi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.