Malam Takbir, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya Pantau Pos Pengamanan Lebaran

14 Jun 2018 20:40 Surabaya

Malam takbir, menjelang lebaran, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin menggelar safari ke pos-pos pengamanan lebaran di Surabaya dan Sidoarjo. Dalam agendanya itu, Kapolda mengingatkan kepada anggotanya yang berjaga untuk terus waspada dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Tentunya kita tak hanya mengingatkan, tapi juga memberika apresiasi kepada petugas yang berjaga. Apalagi ini di malam takbir, dan banyak masyarakat menggelar takbir keliling mungkin kami bisa membantu pengamanan," kata Machfud, Kamis 14 Juni 2018.

Sementara itu, Machfud mengatakan kepada seluruh petugas di pos untuk terus memantau kegiatan masyarakat entah saat takbir keliling maupun di masjid. Terlebih katanya ada masyarakat yang butuh bantuan petugas.

Selain pengamanan, memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bisa menggelar takbir keliling maupun hanya di masjid. Dia juga bakal memberikan jaminan keamanan dalam malam takbir dan lebaran tahun ini.

"Imbauan kemarin saya berharap takbiran itu bisa di masjid atau keliling, karena sama-sama afdol. Tapi kita juga akan tetap melakukan pengamanan terhadap masyarakat," ujarnya.

Tak hanya itu, Machfud juga akan menertibkan masyarakat yang menyalakan petasan dalam malam takbir dan lebaran kali ini. Pasalnya ia menilai petasan dapat membahayakan apalagi jika mempunyai saya ledak yang besar.

"Untuk petasan, kita akan melakukan penertiban apalagi yang bisa menimbulkan ledakan yang keras. Karena beberapa hari yang lalu sampai ledakan yang mengakibatkan orang luka di Madura, itu kan dari petasan yang bersangkutan kita lihat saja ke pos pengamanan anggota yang melakukan pengamanan," ucapnya.

Dalam acara kali ini, Kapolda melakukan kunjungan tak sendirian, ia didampingi oleh Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Arif Rahman. (hrs)


Reporter/Penulis : Haris Dwi


Bagikan artikel ini