Malam ini Tahapan Jatim Aeropress Paling Menentukan

29 Mar 2019 21:56 Festival & Event

Coffee Festival 2019 hari kedua, 29 Maret, digelar CodyMaxx dan diawaki oleh ehayokngopi Surabaya makin berasa kental saja aroma kopinya. Kompetisi makin seru dan sudah memasuki tahapan semifinal.

Semifinal rampung, kemudian langsung disambung dengan final. Malam ini juga ditentukan siapa champion Jatim Aeropress di Coffee Festival 2019 PTC Mall Surabaya.

Suporter setia para peserta kompetisi pun saling teriakkan dukungan kepada jagonya masing-masing. Siapa yang telempar dari penjurian mendapatkan tepuk tangan paling meriah.

Atmosfir kompetisi memang memanas. Sementara peserta juga makin kompleks dengan skill masing-masing. Jumlah peserta makin sedikit karena sudah tereleminiasi di babak awal. Karena itu persaingan menjadi sangat terasa.

Di luar itu, kompetisi makin rumit karena material kopi yang dilombakan berbeda dengan babak awal. Kopinya lebih "istimewa" sebab itu harus berhasil diseduh pula dengan hasil yang istimewa di hadapan para dewan juri.

Bintang Tekop, salah seorang Juri Coffee Festival 2019, mengatakan, peserta dari 72 orang harus disaring menjadi 24 peserta di babak kedua. Dari 24 dicari terbaik 8 peserta. Setelah ini baru final dan dicari 3 champion terbaik.

"Makin ke sini, makin sedikit peserta, penjurian juga makin sulit. Tidak saja para peserta makin terlihat skill seduhan, tapi hasilnya juga makin sulit dibedakan. Harus benar-benar hati-hati menentukan pilihan siapa yang menang dan siapa yang harus angkat kaki," jelas Bintang founder dari Kopi Tekop di Surabaya.

Sementara itu, Horai Dmitro, peserta satu-satunya yang bule, dari Ukraina, dan paling dijempoli sekaligus dijagolan banyak pemerhati kopi, harus tersingkir di babak kedua. Kendati tersingkir dia tetap tenang dan mengumbar senyum persahabatan. (idi)

Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini