Makna Judul Lagu Bahasa Latin di Album Baru BTS

09 Apr 2019 19:48 Musik

Agensi BTS, Big Hit Entertainment beri bocoran soal daftar lagu album baru anak asuhnya, yakni Map of the Soul: Persona. Album yang akan diluncurkan pada 12 April mendatang itu, berisi tujuh lagu yakni yaitu Intro: Persona, Boy With Luv ft. Halsey, Microkosmos, Make It Right, Home, Jamais Vu, dan Dionysus.

Uniknya, dalam Map of the Soul: Persona terdapat tiga lagu yang menggunakan bahasa Latin atau lainnya yang tak lazim digunakan. Tiga lagu yang judulnya terdengar unik adalah Mikrokosmos, Jamais Vu, dan Dionysus.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Kemdikbud, Mikrokosmos berarti dunia kecil, khususnya manusia dan sifat kemanusiaan yang merupakan contoh dalam ukuran kecil dari alam semesta.

Sementara itu, Jamais Vu merupakan kebalikan dari deja vu. Kondisi di mana kita merasakan suatu hal tersebut sudah terjadi disebut deja vu. Sementara jamais vu adalah kondisi dimana kita merasa semua hal terjadi untuk pertama kalinya.

Dilansir Psychology Today, jamais vu sering terjadi tanpa disadari. Bahkan dalam beberapa kondisi tertentu, kita akan merasa aneh dan sama sekali tak mengenal lingkungan sekitar.
Saat itulah kita mengalami jamais vu.

Kondisi tersebut sering dikaitkan dengan beberapa kondisi medis, seperti amnesia, epilepsi, dan aphasia.

Yang ketiga adalah Dionysus. Menurut mitologi Yunani, Dionysus adalah dewa kesuburan dan anggur (wine). Dikutip dari Greek Mithology, Dionysus memiliki sifat ganda, di satu sisi ia membawa sukacita, namun juga bisa membawa amarah brutal.

Seperti diketahui, BTS dijadwalkan comeback pada 12 April 2019. RM dkk akan membawakan Boy With Luv pertama kalinya dalam acara televisi Amerika, Saturday Night Live pada 13 April. Sedangkan tur akan dimulai pada Mei  mendatang. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini