Makna Halal Bihalal, Ternyata Cakupannya Memakmurkan Dunia

11 Jun 2019 22:34 Tokoh Lain

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, Halal bihalal merupakan momen silaturahmi. Ibadah Puasa Ramadhan yang dijalankan selama satu bulan dimaksudkan untuk melatih menahan diri dari nafsu dunia.

"Nafsu dunia ini disukai umat manusia. Dalam momen Idul Fitri diharapkan umat Islam harus memberikan manfaat satu sama lain, menebar manfaat, memakmurkan dunia.

"Semoga di kampus ini akan lahir generasi khoiru ummah, membangun peradaban umat yang terbaik,” ujarnya, dalam keterangan diterima ngopibareng.id, Selasa 11 Juni 2019.

Haedar juga menuturkan, Agama Islam melarang rakus, berlebihan melarutkan diri pada dunia. Makanlah engkau, minumlah engkau, tapi jangan berlebih-lebihan. Tidak sedikit orang sanking bernafsu mengejar dunia, berlebihan ada banyak kemungkinan menghalalkan segala cara, melakukan tindakan keluar dari koridor agama.

“Sudah berapa kali kita ketemu puasa ramadhan? Pertanyaannya, bisa tidak puasa mengubah watak buruk kita selama ini? “ tanyanya.

Sebelumnya, Haedar Nashir mengungkapkan hal itu, saat menghadiri Halal bihalal 1440 H Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB University, Dramaga, Bogor, Senin 10 Juni. (adi)