Makam Ani Yudhoyono Dekat Pusara Ainun Habibie

02 Jun 2019 04:35 Nasional

Jenazah Ani Yudhoyono rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Minggu siang. Liang lahat untuk jenazahnya tengah digali sejak Sabtu kemarin.

Menurut penuturan Kasubdit TMP Nasional Utama Kalibata, Makam Pahlawan Nasional dan TMP Nasional, Iri Sapria, lokasi makam ditetapkan di blok M Nomor 129.

Lokasi makam Ani Yudhoyono berdekatan dengan makam Ibu Negara Ainun Habibie, istri Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Di sekitar makam tersebut terdapat pusara dua wakil presiden era Presiden Soeharto, yakni Adam Malik dan Umar Wirahadikusuma.

Makam Ani Yudhoyono dibuat lebih besar 30 cm dari biasanya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi prosesi turun peti nanti. "Biasanya lebar 120 cm, ini kita tambah 30 cm untuk mengantisipasi turun peti. Kedalaman makam satu meter tujuh puluh senti," ujar Anshori selaku petugas pemakaman TMP Nasional Utama Kalibata.

Sementara Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos, Drs Hotman menyebut, pemilihan lokasi di samping ibu Ainun kebetulan lokasi kosong.

"Pemilihan lokasi adalah wewenang Garnisun, dia cek tempat, kami hanya menyediakan lahan saja. Secara kebetulan di blok M ini masih ada space yang kosong untuk dimakamkan," jelasnya.

Ani Yudhoyono akan dimakamkan secara kemiliteran. Garnisun yang akan ditugaskan untuk menyambut jenazah ibu dua anak tersebut. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini