Sekretaris Jenderal Rabitah Al-Alam Al-Islamy (Liga Muslim Dunia), Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Essa bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Istimewa)

Majukan Islam Moderat, Indonesia Jadi Contoh Dunia Islam

Nasional 27 February 2020 04:22 WIB

Sekretaris Jenderal Rabitah Al-Alam Al-Islamy (Liga Muslim Dunia), Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Essa mengatakan, Indonesia sebagai bangsa yang majemuk dengan berbagai macam agama, suku, dan budaya mampu menjaga toleransi dan persatuan.

"Satu hal yang kami observasi di Indonesia dengan adanya banyak keberagaman di Indonesia tapi tetap mampu untuk tetap toleran dan mampu untuk bersatu. Kami negara-negara Islam lainnya ingin mencontoh dari Indonesia," ujarnya.

Ia mengungkapkan hal itu, saat bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo, Rabu, 26 Februari 2020 di Istana Negara, Jakarta.

Kedatangannya bersama delegasi untuk silaturahmi, sekaligus menyampaikan program serta harapan mereka kepada Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Selain itu, Liga Muslim Dunia mengapresiasi berbagai langkah dan inisiatif Indonesia untuk memajukan Islam yang moderat dan terbuka, serta berorientasi pada kemajuan.

Liga Muslim Dunia memandang Indonesia sebagai negara yang menjadi contoh bagi negara-negara Islam lainnya, yang mengedepankan semangat toleransi dan kebersamaan di tengah masyarakatnya.

Pada bagian lain Abdulkarim Al-Essa mengatakan, sebagai bangsa yang moderat dan toleran, Indonesia pun dapat menjadi contoh bagi negara Islam lainnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi berbagai negara Islam di dunia internasional terhadap upaya pemerintah untuk memajukan Islam yang moderat dan terbuka terhadap modernisme dan Islam yang berorientasi terhadap kemajuan.

"Dalam hal ini nilai-nilai mulia tersebut kami mohon kepada Indonesia untuk dapat dibagi dan disampaikan kepada berbagai mitra Indonesia, negara-negara sahabat baik dari dunia Islam maupun non-Islam," ucapnya.

Dalam pertemuan ini, turut dihadiri Deputi Sekjen untuk Hubungan Internasional Rabithah Alam Islami Mohammed Saeed Almajdoui, Penasehat Umum Sekretaris Jenderal Osamah Jibran Alqahtani, dan juga Direktur Liga Dunia Islam di Jakarta Fahad Mohammed Alharbi.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 17:55 WIB

Pernah Interaksi dengan Positif Corona, Risma Lakukan Pemeriksaan

Surabaya

Dalam pertemuan yang dihadiri, kemudian hari diketahui pemateri positif.

07 Apr 2020 17:26 WIB

Pemkot Ingin Digratiskan, PDAM Masih Hitung Kekuatan Anggaran

Surabaya

Pemkot ingin Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) gratis bayar PDAM.

07 Apr 2020 17:21 WIB

Tenang, ASN dan TNI/Polri Tetap Dapat THR dan Gaji Ke-13

Nasional

Yang terima THR dan gaji ke-13 hanya golongan I, II, dan III.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.