Mengenal Budaya Jepang di Japan Fun Festival

18 Mar 2019 06:50 Pendidikan

Indonesia memang tak menganal musim semi, tapi perayaan musim masih bisa dirayakan warga Surabaya. Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Unitomo) menggelar Japan Fun Festival (JFF) Bunkasai (festival budaya Jepang).

Acata bertema ‘Harubiyori o Tanoshimou (Mari Menikmati Musim Semi)’ dimeriahkan lomba Shodou (menulis kaligrafi Jepang), Rodoku (membaca dengan jelas dan nyaring), Kakikikitori (mendengar dan menulis), Cerdas cermat, Olimpiade Kanji (huruf Jepang) tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Timur. Peserta yang diutamakan adalah siswa yang berminat pada bahasa dan budaya Jepang.

Antusias peserta yang merupakan pelajar tingkat SMA/SMK/MA sangat tinggi. Hal ini terlihat dari 600 siswa yang mengikuti lomba berbasis bahasa dan budaya Jepang ini.

"Antusias masyarakat terlihat dari jumlah peserta lomba yang terus meningkat setiap tahunya baik dari kalangan pelajar dan umum," kata Cicilia Tantri Sulistyawati, Dekan Fakultas Sastra Unitomo.

Cosplay walk yang dilakukan oleh beberapa peserta Foto istimewa
Cosplay walk yang dilakukan oleh beberapa peserta. (Foto: istimewa)

Selain lomba untuk pelajar, ada pula lomba yang diperuntukan untuk masyarakat umum. Kategorinya adalah Seiyuu (mengisi suara kararakter dalam sebuah video), Fan Art (menggambar maskot bunkasai 2019), karaoke, dance cover serta cosplay walk (menggunakan costum karakter cosplay).

Ketua pelaksana acara, Muhammad Afifudin mengatakan, acara ini digelar untuk mengenalkan budaya Jepang ke masyarakat luas secara mendalam serta mengaplikasikan ilmu yang didapatkan mahasiswa Satra Jepang.

"Kami mahasiswa yang mempelajari Sastra Jepang ingin mengaplikasikan ilmu yang kami dapat ke masyarakat lewat acara ini," ujar Afif, sapaan akrab mahasiswa semester 3 Fakultas Sastra Jepang Universitas Unitomo ini.

Afif juga menambahkan, ada enam cabang lomba yang dapat diukuti mulai pelajar dari tingkat paling kecil SD sampai masyarakat umur paling tua berusia 30 tahun.

Selain diisi oleh lomba-lomba diatas, acara lain yang dihadirkan untuk memeriahkan JFF yaitu, workshop chanoyu (upacara minum teh dengan budaya Jepang), berfoto menggunakan yukata (kimono kain tipis), dan memasuki wahana obake yashiki (rumah hantu ala Jepang). Ada juga lomba yang paling menarik yaitu Tabetaikai (lomba makan ramen) sambil mengisi TTS (Teka Teki Silang).

"Pada puncak acara juga akan ada penampilan dari bintang tamu seperti Akiba Street, Nekonoi Katsu, HT-One, dan Clarissa Punipun yang akan menyemarakan acara," pungkas Afif. (pita)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini