Humas Satgas Covid-19 Pemkot Malang, dr Khusnul Ma'arif saat ditemui di RSSA Kota Malang (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Mahasiswa UB Positif Corona, Ribuan Siswa dan Dosen Didata

Pojok Unibraw 18 March 2020 22:15 WIB

Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur melakukan tracing kepada seribu mahasiswa dan 3.400 dosen dan karyawan pada 15 Maret 2020. Hal itu dilakukan setelah satu mahasiswa UB positif corona dan dirawat di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

"Total pertanggal 15 Maret 2020 kami baru bisa mentracing seribu mahasiswa dan 3.400 dosen dan karyawan dan datanya langsung kami laporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang," terang Ketua Tim Satgas Covid-19 UB dr Aurick Yudha Nagara pada Rabu 18 Maret 2020.

Ditambahkan oleh, Humas Satgas Covid-19 UB, Eriko Prawestiningtyas, pihaknya akan melakukan penelusuran terkait aktifitas mahasiswa tersebut, hingga 14 hari ke belakang.

"Kami tarik 14 hari ke belakang. Kira-kira dia ini berinteraksi dengan siapa saja. Sehingga kami bisa mendapatkan data orang-orang yang berinteraksi," jelasnya.

Sementara itu, Humas Satgas Covid-19 Pemkot Malang, dr Khusnul Ma'arif menuturkan jika pihaknya membutuhkan tentang orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien di lingkungan UB.

"Karena (pasien) ada di lingkungan UB maka dari itu kami minta datanya. Sedangkan untuk di rumah pasien sudah ada petugas yang mendata ke sana," ujarnya.

Khusnul melanjutkan, jika dari hasil tracing nanti sudah ditemukan siapa saja yang melakukan kontak dengan pasien maka akan dilakukan swab oleh rumah sakit rujukan corona yang ada di Kota Malang.

"Jadi kalo menurut buku panduan, yang kontak dengan pasien positif covid-19 itu masuk kontak erat risiko tinggi dan harus dilakukan swab," tuturnya.

Khusnul berharap hasil tracing bisa secepatnya diserahkan kepada Dinkes Kota Malang, sebagai bekal untuk mengantisipasi covid-19.

Seperti diberitakan oleh Ngopibareng.id sebelumnya, pihak Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang mengungkapkan bahwa dua pasien yang di rawat di ruang isolasi rumah sakit tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau covid-19.

Salah satu pasien yang positif terinfeksi covid-19 saat ini tengah menjalani perawatan di RSSA Kota Malang. Ia merupakan salah satu mahasiswa di Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 13:55 WIB

Terapkan New Normal, Pedagang Pasar Manyar Dipuji Khofifah

Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sidak ke Gresik.

04 Jun 2020 13:38 WIB

Partai Gelora Siap Ikut Pemilu 2024

Politik

Sudah Dapat SK Pemerintah, Partai Gelora siap ikut pemilu 2024

04 Jun 2020 13:35 WIB

Sembuh dari Covid, 20 Nakes RS Unair Kembali Bekerja

Kesehatan

Sudah Negatif, Nakes RS Unair yang Terpapar Covid Kembali Bekerja

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...