Lima mahasiswa Unair berhasil menciptakan produk kecantikan dari bahan rempah-rempah alami. (Foto: Humas Unair)

Mahasiswa Unair Ciptakan 'Skin Care' dari Racikan Nusantara

Pendidikan 12 December 2019 21:32 WIB

Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung dalam tim Haira berhasil menciptakan produk kecantikan berbahan rempah-rempah alami yang diberi nama Haira Nusantara.

Produk yang berhasil diciptakan dan sudah terdistribusi di empat provinsi itu mengangkat tagline 'Kecantikan Nusantara'.

Hasil ciptaannya ini mengantongi prestasi juara I pada ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019 di Batam.

Mahasiswa Unair itu adalah Salsyabila Putri Pratama, Latifah Ayu Prameswari, Putri Rizky Maysaroh, Charisma Agustin, dan Annisa' Hanif.

Salah satu anggota tim Haira, Salsyabila mengatakan, awal mulanya tim Haira membuat produk masker kefir ini bekerjasama dengan peternak sapi di Dusun Laharpang Desa Puncu Kabupaten Kediri.

Karena di desa Puncu potensi yang paling banyak adalah hasil kebun kopi. Sehingga mereka mengembangkan hasil olahan dengan membuat produk kecantikan berupa scrup kopi.

"Keunggulan Haira ini menggunakan bahan alami tanpa pengawet maupun bahan kimia lainnya. Selain itu, kami juga memberikan edukasi pada customer supaya lebih paham sejarah produk yang kami jual serta dapat membuatnya sendiri di rumah," katanya.

Haira memiliki misi untuk mencari racikan produk kecantikan asli nusantara dan memasarkannya hingga ranah internasional.

Hal tersebut dilakukan karena selama ini produk kecantikan organik kebanyakan dari Australia, padahal Indonesia memiliki banyak sekali racikan produk kecantikan asli nusantara yang berkualitas.

scrup berbahan dasar kopi kelud hasil karya mahasiswa Unairscrup berbahan dasar kopi kelud hasil karya mahasiswa Unair.

Seperti bedak lotong yang sudah mereka dapatkan resep racikannya dan telah dipasarkan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya tim Haira mengangkat kembali kearifan lokal.

Selain itu, dengan diangkatnya produk kecantikan racikan nusantara diharapkan konsumen lebih mencintai produk lokal.

"Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga atas keragaman budaya serta produk asli nusantara yang memiliki sejuta manfaat. Produk racikan nusantara terbukti lebih aman daripada produk impor yang dominan menggunakan bahan kimia berbahaya," ujarnya.

Saat ini sangat marak produk kecantikan terutama dari luar negeri yang menjanjikan hasil maksimal, seperti halnya pemutih kulit secara instan.

"Ini tentu sangat berbahaya, karena biasanya berupa obat maupun suntik dan berpotensi mengakibatkan efek buruk hingga kematian maupun alergi jangka panjang," katanya.

Lantas dengan hadirnya produk-produk berbahan rempah-rempah alami dari Haira Nusantara dapat menjadi solusi yang tepat. Menariknya, produk olahan tim Haira dapat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan.

"Kami selalu mengedukasi pembeli terkait penggunaan dan manfaat yang diberikan produk Haira, hal itu dilakukan sebagai bentuk terimakasih. Saat ini produk Haira telah terpasarkan di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung, kedepannya kami menarget luar pulau dan internasional," katanya.

"Jika ingin memiliki kulit yang bersih dan selalu terlihat menawan maka gunakanlah produk berbahan alami, dan jangan suka mencari cara instan. Karena semua hal itu butuh proses termasuk menjadi cantik atau tampan," katanya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 01:00 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI, Persiapan UTBK SMA

Pendidikan

Siswa SMA diberi materi persiapan UTBK.

05 Jun 2020 00:45 WIB

Digugat Rp5 Miliar, Ustadz Yusuf Mansur Bantah Gelapkan Dana

Hukum

Ustadz Yusuf Mansur digugat Rp5 miliar.

05 Jun 2020 00:30 WIB

Ustadz Yusuf Mansur Digugat Rp5 Miliar

Hukum

Ustadz Yusuf Mansur diduga gelapkan dana investor hotel.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...