Mahasiswi Ubaya Desain Busana Terinspirasi dari Bola Baseball

22 Sep 2019 19:35 Teknologi dan Inovasi

Nancy Restiandani, mahasiswi studi Desain Fashion dan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif (FIK), Universitas Surabaya (Ubaya), mengaplikasikan bola baseball dalam rancangan busananya.

Seri busana koleksinya diberi judul 'Sentoki'. Dalam bahasa Jepang, sentoki berarti pejuang. Ada dari lima rancangan busana yang dibuat untuk pria maupun wanita.

Busana bernuansa biru dan putih ini dirancang Nancy Restiandani ini, kategori spring summer 2019. Ia mengungkap kesulitan saat memilih kain yang tidak diproduksi di Indonesia.

"Kain yang aku butuhkan untuk membuat baju ini harus dibeli dari China. Ini bikin prosesnya sedikit terhambat karena harus nunggu sekitar dua minggu," ujar mahasiswa penyuka musik pop ini.

Selain kain, ujar Nancy Restiandani, teknik tali yang digunkan pada baju ini juga sedikit rumit, karena memang harus sesuai dengan inspirasinya, yaitu bola baseball.

Nancy Restiandani secara telaten merajut tali untuk desain bajunya, sehingga hasil akhirnya menyerupai imajinasinya.

"Kalau dilihat tali-tali di baju rancanganku ini, mirip dengan rajutan tali yang ada di bola baseball. Ini cukup sulit karena aku inginya mirip banget dan desain celananya juga aku buat sedikit mengembang seperti bola baseball," kata mahasiswi 22 tahun ini. 

Menurut Nancy Restiandani, rancangan celana pada busannya ini cukup unik, karena jarang dibuat atau digunakan sehari-hari. 

"Celana yang aku buat sedikit mengembang ini,  sekaligus memberikan inspirasi sama teman-teman kalau celana itu bentuknya nggak gitu-gitu aja (monoton), dan salah satunya sudah aku buatin ini," tuturnya.

Nancy Restiandani yang juga berprofesi sebagai Make Up Artist (MUA) ini juga menyarankan, bila ingin tampil gaya dengan busana rancangannya ini tidak perlu makeup yang terlalu tebal. Cukup pulasan makeup yang flawless saja. 

Busana rancangan Nancy Restiandani ini juga dilengkapi aksesoris seperti topi, tas, dan sarung tangan yang mirip dengan pemain baseball. "Semua aksesoris ini juga merupakan rancangan saya sendiri," imbuhnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini