Felicia saat menunjukan card game Ramayana. (Foto: istimewa)
Felicia saat menunjukan card game Ramayana. (Foto: istimewa)

Mahasiswa Ubaya Kenalkan Ramayana Lewat Permainan Kartu

Ngopibareng.id Pendidikan 16 January 2021 14:50 WIB

Lima mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) menciptakan permainan kartu atau card game yang mengisahkan Ramayana. Upaya ini dilakukan untuk mengenalkan kisah Ramayanan pada generasi milenial.

Card game tersebut diberi nama Renjana yang diambil dari bahasa Sanskerta artinya perasaan yang mendalam, menggambarkan rasa cinta Rama dan Sinta, dua tokoh utama dalam kisah Ramayana.

Renjana dirancang dan dibuat oleh lima orang mahasiswa dari lintas disiplin ilmu yaitu Felicia Budijanto, Sari Fadia Izwari, dan Yudith Christina dari Fakultas Teknobiologi Ubaya. Sedangkan Bryant William Wong dan Katty Kertomoro dari Fakultas Hukum Ubaya.

"Sasaran utama produk Renjana ditujukan untuk anak generasi milenial yang berusia enam tahun ke atas agar mereka bisa mengenal kebudayaan dan mengetahui cerita rakyat yang berkembang di Indonesia," ujar salah satu perwakilan, Felicia Budijanto.

Selain berfungsi sebagai media hiburan, Renjana juga berperan sebagai sarana pendidikan melalui penggambaran watak atau kepribadian tokoh pewayangan dalam permainan, nilai moral atau pesan yang ingin disampaikan dari cerita, hingga cara bermain card game itu sendiri.

Menurutnya, card game Renjana bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan rasa bosan di rumah dengan bermain bersama keluarga.

"Renjana dapat dimainkan oleh empat hingga enam orang. Cara bermain Renjana sama seperti alur cerita kisah Ramayana. Saat bermain Renjana maka para pemain akan mendapat kartu pemeran yang menggambarkan tokoh pewayangan kisah Ramayana," imbuhnya.

Lanjutnya, kartu pemeran terbagi menjadi dua tim yaitu tim Rama sebagai tokoh protagonis dan tim Rahwana sebagai tokoh antagonis. Setelah itu para pemain juga mendapat kartu jalan dan kartu aksi secara merata.

Pada permainan ini, tim Rama yang terdiri dari Rama, Anoman, dan Laksamana memiliki target untuk merebut Sinta dari Rahwana. Sedangkan tim Rahwana yang terdiri dari Rahwana, Indrajit, dan Sarpakenaka harus mencari tahu siapakah di antara pemain yang mendapat kartu Anoman untuk dibunuh.  

“Kartu jalan yang dibagikan akan disusun agar dapat mencapai kartu target yaitu Sinta dan Trijata. Kartu Sinta sebagai target utama dan Trijata sebagai zonk. Sedangkan action card berupa kartu raksasa untuk membuntu jalan dan cahaya sebagai pembuka jalan," terangnya.

Namun, terdapat pula tanda truth or dare pada kartu raksasa yang akan dimainkan oleh pemberi kartu cahaya tersebut. Perlu strategi dalam permainan ini dan siapa cepat mencapai target dia pemenangnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 12:15 WIB

5 Fakta Kasus Dugaan Korupsi Proyek Wisata Jerat Nurdin Abdullah

Nasional

Gubernur Nurdin Abdullah terjerat OTT KPK.

28 Feb 2021 11:54 WIB

SK BPH Migas Membuat Pelayaran Rakyat Makin Terpuruk

Ekonomi dan Bisnis

BPH Migas No 59/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 membuat usaha kapal rakyat makin terpuruk

28 Feb 2021 11:23 WIB

Indentitas Peneror Amanda Manopo Terlacak

Gosip Artis

Pelaku teror Amanda Manopo siap-siap diciduk polisi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...