Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya yang meneliti manfaat game PUBG bagi usia remaja (Foto: istimewa)
Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya yang meneliti manfaat game PUBG bagi usia remaja (Foto: istimewa)

Banyak Dilarang, Mahasiswa UB Temukan Manfaat Gim PUBG

Ngopibareng.id Pojok Unibraw 29 September 2020 22:15 WIB

Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, menemukan dampak positif dalam gim Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) bagi remaja. Ketiga mahasiswa FRB UB tersebut yaitu Nathania Marshelia Sri Rahayu, Alliza Davyza Chaniago dan Fatimah Evanggalista Wijayanti.

Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan metode Sistematic Literature Review (SLR) terkait dampak gim PUBG pada usia remaja, didapatkan hasil bahwa dengan bermain PUBG dapat mengasah daya pikir remaja terutama dari segi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Ketua Tim, Nathania Marshelia Sri Rahayu mengatakan bahwa gim PUBG dapat menjadi media pembelajaran alternatif bagi siswa usia remaja. "Gim PUBG mampu secara efektif menjadi media pembelajaran alternatif dalam mengembangkan dan mengasah kemampuan kecerdasan otak para pelajar dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotrik,” tuturnya pada Selasa 29 September 2020.

Nathania menjelaskan, aspek kognitif yang didapat dari bermain game PUBG yaitu disaat fokus dalam menentukan strategi, melatih kemampuan daya ingat pelajar, dan melatih berkomunikasi dengan menggunakan dua bahasa atau lebih dengan baik.

Dari segi afektif kata Nathania game PUBG mampu melatih kecerdasan emosi para pelajar yang masih remaja ketika menyikapi lawan bermain mereka. Ia mencontohkan ketika mereka kalah dalam bermain PUBG, dengan emosi remaja yang masih labil tentu akan diluapkan dengan cara-cara berbeda.

"Ketika kalah bermain gim, seperti reflek marah-marah, membanting barang, atau mengeluarkan kata kasar, karena tak sesuai ekspektasi mereka. Tentu membuat mereka lama kelamaan mempunyai pikiran untuk mengendalikan emosi," tuturnya.

Sedangkan dari segi aspek psikomotorik game PUBG dapat melatih visual-motorik para remaja. Karena gim ini dapat melatih refleks tubuh. "Game ini termasuk game action yang membutuhkan koordinasi antara mata dengan tangan. Hal ini tentu berhubungan dengan gerakan refleks tubuh," ujarnya.

Meski memiliki dampak positif bagi pelajar usia remaja kata Nathania, game PUBG juga memiliki dampak negatif seperti menyebabkan kecanduan yang berimplikasi pada banyaknya waktu yang digunakan hanya untuk bermain gim action tersebut.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 18:58 WIB

Gubernur Khofifah: AMSI adalah Industri Masa Depan

Jawa Timur

Tema 'Konten Sehat, Media Kuat, Industri Hebat'.

24 Oct 2020 18:43 WIB

Selain Beasiswa Hingga Kuliah, MAJU Janji Sekolah Swasta Gratis

Pilkada

Selama ini bantuan pemerintah hanya fokus di sekolah negeri saja.

24 Oct 2020 18:28 WIB

Film Resident Evil: Final Chapter, Misi Penyelamatan Manusia

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Resident Evil: Final Chapter.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...