Ketua Tim Satgas Covid-19 Universitas Brawijaya, dr Aurick Yudha Nagara ketika ditemui di Graha Rektorat UB (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Mahasiswanya Diduga Corona, UB Tunggu Hasil Pemeriksaan

Pojok Unibraw 14 March 2020 13:10 WIB

Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, membantah bahwa salah seorang mahasiswanya dari Fakultas Teknik (FT) UB, positif terinfeksi virus corona atau covid-19. Saat ini mahasiswa tersebut sedang dalam penanganan tim medis Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

"Masih belum bisa dipastikan yang bersangkutan positif terinfeksi covid-19," tutur Ketua Satgas Covid-19 UB, dr Aurick Yudha Nagara pada Sabtu 14 Maret 2020.

Sebelumnya beredar kabar jika ada seorang mahasiswa FT UB terinfeksi virus corona, pada Jumat 13 Maret 2020 melalui media sosial. Aurick menjelaskan bahwa mahasiswa tersebut menderita demam, batuk, dan sesak nafas. Kemudian ayahnya meninggal, meski belakangan hasilnya negative corona.

"Awal kecurigaannya di sana. Namun hasil tes terhadap almarhum ayahnya dinyatakan negatif dan istri almarhum juga setelah diperiksa dalam keadaan sehat, tidak terserang covid-19," ujarnya pada Sabtu 14 Maret 2020.

Sementara, mahasiswa FT UB yang kini berada dalam pengawsan RSSA Malang, tak memiliki riwayat kontak dengan pasien lain yang positif terinfeksi virus corona. "Mahasiswa tersebut tidak bepergian ke daerah terjangkit covid-19 seperti Wuhan dan sekitarnya dan mahasiswa ini tidak pernah bepergian ke lokasi covid-19," terangnya.

Aurick menjelaskan kondisi terkini mahasiswa tersebut sudah membaik. Selang oksigen sudah dilepas. "Dia juga sudah bisa main handphone," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan saat ini mahasiswa itu masuk dalam kriteria Pasien Dalam Pengawasan (PDP), RSSA Malang.

"Itu (PDP) istilahnya sekarang masih dilakukan observasi di RSSA. Sudah dilakukan pengambilan swab untuk diperiksa di Balitbangkes Kemenkes RI. Untuk hasilnya kami masih menunggu," tutupnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 May 2020 00:27 WIB

H.M. Azmi Nawawi, Takmir Masjid Sunan Ampel Meninggal Dunia

Surabaya

Senin malam meninggal dunia H.M.Azmi Nawawi, takmir agung Sunan Ampel.

25 May 2020 23:54 WIB

PUPR Imbau tak Mudik Lewat Video Pendek

PUPR

Kementerian PUPR minta warga tak mudik.

25 May 2020 23:20 WIB

Covid-19, Amerika Serikat Tolak Pengunjung dari Brazil

Internasional

Aturan mulai berlaku per 28 Mei 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.