Universitas BrawijayaMahasiswa UB Berprestasi Lewat Mesin Pemberi Rasa Telur Puyuh

18 Sep 2018 13:05 Pendidikan

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Satriyo Pandunusawan berhasil mengharumkan almamaternya. Dia mengukir prestasi di ajang nasional bertajuk Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Acara yang diselenggarakan Bank Mandiri ini, Satriyo berhasil naik podium dengan mengantongi prestasi sebagai empat terbaik.

Dengan mengusung Osmotech, Satriyo berhasil menjadi satu-satunya wakil Jawa Timur yang lolos ke tingkat nasional sebagai finalis. Dia lolos sebagai finalis untuk kategori Wirausaha Teknologi Non Digital. Sedangkan Osmotech, adalah mesin ciptaan Satriyo. Mesin ini berfungsi untuk memberikan rasa pada telur puyuh.

"Osmotech merupakan mesin yang memanfaatkan tekanan statis sebesar satu bar dari kompresor," katanya, Selasa 18 September 2018.

Satriyo menjelaskan tekanan statis ini bertujuan mempercepat proses masuknya partikel rasa ke dalam telur puyuh. Telur puyuh Osmotech karyanya terbukti sukses dipasarkan di Ponorogo.

"Telur puyuh ini juga saat ini telah mulai merambah ke berbagai daerah lainnya di Indonesia," ungkapnya.

Satriyo sebenarnya bukan mahasiswa ekonomi. Namun dia memberanikan diri ikuti ajang ini. Dia menjadi percaya diri ikuti ajang ini setelah melihat respon pasar atas penjualan mesin ciptaannya ini.

Dengan menerapkan strategi bisnis yang jitu, ditambah dengan penggunaan mesin Osmotech di peternakan puyuh, ternyata sukses gaet pasar. Tak hanya itu, dengan strategi ini Satriyo juga mampu angkat namanya di ajang nasional. 

Sebagai informasi, Wirausaha Muda Mandiri telah diadakan sejak tahun 2007 sebagai bentuk komitmen Bank Mandiri untuk menumbuh kembangkan wirausahawan muda berprestasi di Indonesia. Untuk menjadi yang terbaik, serangkaian kegiatan telah dilakukan para finalis seperti WMM EXPO. Tuuannya untuk meningkatkan dan mempromosikan produk serta branding awareness finalis dan alumni WMM.

WMM 2018 ini terbagi dalam beberapa kategori yaitu Wirausaha Industri Perdagangan dan Jasa, Wirausaha Boga, Wirausaha Kreatif, Wirausaha Sosial, Wirausaha Teknologi Digital, Wirausaha Teknologi Non Digital dan Wirausaha Digital Financial Technology.

Puncak acara WMM 2018 dilaksanakan di Samantha Krida Universitas Brawijaya, Sabtu 15 September 2018 lalu dan dihadiri langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno yang sekaligus menyerahkan penghargaan pada para pemenang. (umr/amr)

Penulis : Umar Alfa
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini