Mahasiswa UB Ajak Siswa Sumbawa Belajar Biota Laut

01 Nov 2018 16:10 Pendidikan

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Fishery Diving Club (FISHDIC) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) mengadakan kegiatan sekolah edukasi pesisir di Dusun Ai Bari, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Ekspedisi Charcarias I. Para mahasiswa UB mengajari siswa SDN Aibari mengenal biota laut dan membersihkan pantai. Acara pun disisipi dengan games puzzle, lomba mewarnai, pemberian buku serta kaca mata renang kepada pihak sekolah.

Ketua FISHDIC FPIK UB, Aura Rinjani mengatakan buku-buku yang diberikan kepada siswa ini merupakan hasil donasi dari mahasiswa FPIK UB.

"Pemberian kaca mata renang kepada pihak sekolah bertujuan agar siswa-siswi SDN Ai Bari dapat mempelajari biota laut dengan melihat secara langsung bagaimana bentuk dan tingkah lakunya," katanya lewat keterangan resmi, Kamis 1 Oktober 2018.

Aura Rinjani menambahkan SDN Ai Bari dipilih karena merupakan satu-satunya Sekolah Dasar yang berada di kawasan Dusun Ai Bari. Selain itu, siswa-siswinya sebagian besar anak dari para nelayan.

"Guru-guru SDN Ai Bari berasal dari daerah yang berbeda, bahkan ada salah satu guru yang jarak rumahnya ke dusun Ai Bari sekitar 30 menit naik sepeda motor," ujarnya.

"Fasilitas yang ada di SDN Ai Bari masih sangat minim. Perhatian pemerintah terhadap daerah-daerah pesisir juga masih sangat kurang," katanya.

Aura menjrlaskan sekolah edukasi pesisir ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa seputar biota-biota laut dan menanamkan kepedulian kepada siswa.

"Sehingga kedepannya bisa menjaga, melestarikan, memelihara keanekaragaman makhluk hidup dan lingkungannya," ujarnya. (umr)

Sekolah edukasi pesisir Foto FISHDIC FPIK UB
Sekolah edukasi pesisir. (Foto: FISHDIC FPIK UB)
Reporter/Penulis : Umar Alfa
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini