Mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin saat memaparkan visi misinya di Kantor DPD Gerindra Jatim. (Foto: Faiq/ngopibareng.id)

Ikut Pilwali Surabaya, Mantan Kapolda Jatim Daftar di Gerindra

Pilkada 11 January 2020 19:59 WIB

Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Irjen (Purn) Machfud Arifin ikut penjaringan cawali dari Partai Gerindra.

Kendati dulu sempat oposisi dengan Gerindra, Machfud menyebut kini pihaknya telah berbaikan dengan partai berlambang Garuda itu. Hal ini ditandai dengan masuknya Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan RI.

"Saya sudah berhadapan dengan Pak Pri (Ketua DPD Gerindra Jatim) masa lalu, sekarang Pak Prabowo sudah jadi Menhan sekarang sudah bolo ya, pak," canda Machfud di Kantor DPD Gerindra Jatim Jalan Gayungsari Surabaya, Sabtu 11 Januari 2020.

Menurut Machfud persoalan pilpres lalu kini sudah harus dilebur. Dia mengajak seluruh pihak untuk bergandengan membangun Indonesia lebih baik.

"01 atau 02 sudah ndak ada lagi, ndak ada cebong sama kampret. Untuk membangun suatu negara lebih maju dan hebat, berdaya saing dengan negara lain dalam bidang ekonomi, perbedaan dalam politik itu hal yang biasa. Buat saya ya sudah bahu membahu membangun negeri ini. Pemikiran itu pemikiran sempit (kalau masih musuhan)," paparnya.

Sebelumnya, Machfud menyebut pencalonannya ini bukan kehendaknya. Dia mengaku dibujuk beberapa pihak agar mau membenahi Surabaya.

"Saya tidak terpikir sedikit pun untuk ke sini, saya tidak ada keinginan untuk jadi wali kota. Saya itu tidak ada keinginan maju menjadi wali kota, mboten, sejak dulu saya jadi Kapolda sudah sering dibujuk, termasuk Pakdhe Karwo," ujar Machfud yang sempat menjadi Kapolda Jatim tahun 2016 lalu.

Seiring banyaknya desakan berbagai pihak hingga masyarakat Surabaya, hati Machfud mulai terketuk. Dia pun memutuskan untuk ikut bursa Pilwali Surabaya.

"Tapi kalau dikehendaki masyarakat Surabaya, orang partai, bismillah saya mau jadi Wali Kota Surabaya. Saya akan mengabdi untuk Surabaya, saya mau tapi dengan syarat masyarakat mau dan parpol juga mau," lanjut Machfud.

Sementara itu, Machfud menyebut dirinya juga telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik. Data yang dihimpun, beberapa parpol yang digadang mengusung Machfud di antaranya PAN, PPP, PKB hingga Nasdem.

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 17:50 WIB

Kawal Kampanye, PDIP Surabaya Bentuk Satgas Disiplin Covid

Pilkada

Salah satu upaya PDI Perjuangan cegah klaster pilkada.

26 Sep 2020 17:12 WIB

Filippo Ganna Sumbang Emas untuk Italia Setelah Paceklik 12 Tahun

Gowes Bareng

Dia memang sudah dijagokan sejak awal dalam menaklukkan ITT dengan kondisi berangin.

26 Sep 2020 17:05 WIB

Mokong, Panti Pijat, Diskotek dan Karaoke Ditutup Pemkot Surabaya

Surabaya

Diberi peringatan berkali-kali nekat tetap operasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...